Jurnal Kependidikan Islam
Vol. 11 No. 2 (2021): Agustus

Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Madrasah di Madrasah Aliyah Al-Machfudzoh Sidoarjo

Arif Mansyuri (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Haidar Syahrul Afif (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Jamalia Jamalia (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2021

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang integrasi kurikulum dalam Satuan Pendidikan mulai dari faktor dari pengintegrasian, model integrasi kurikulum yang diterapkan dan dampak dari integrasi kurikulum tersebut yang mana disini integrasi kurikulum tersebut dilakukan antara kurikulum pesantren dan kurilumum madrasah.. Metode penelitian disini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi kurikulm pesantren dalam sekolah yang ada di MA Al-Machfudzoh ini dilakukan untuk mencapai tujuan utama madrasah yang dilaksanakan melalui model subject curriculum dengan cara memasukkan sebagian dari kurikulum pesantren dalam bentuk mata pelajaran ke dalam madrasah yang bertujuan untuk memaksimalkan pengetahuan siswa tentang ilmu keagamaan dan serta adanya kebaruan dalam artikel ini yaitu membahas terkait dampak dari integrasi kurikulum yang berdampak besar bagi siswa, tenaga pengajar, lembaga pendidikan serta pondok pesantren untuk terus memperbaiki kualitas mutu lulusan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Kependidikan Islam is a double-blind reviewed academic journal published by Department of Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam published be-annual, February and August. It concern in the development of Islamic education, conceptual innovation or ...