BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 3 No 2 (2021): Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS XI IPA SMAN 8 TAKALAR

Nurul Fadhilah (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem peredaran darah melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas XI SMAN 8 Takalar. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 8 Takalar yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian berupa tes. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari tes hasil belajar dan LKS. Hasil pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 63, dan pada siklus II yaitu 83. Hal tersebut menyatakan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar kognitifpeserta didik pada materi sistem peredaran darah di kelas XI IPA 1 SMAN 8 Takalar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bioma

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya diterbitkan oleh  Universitas Sulawesi Barat. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) dengan tujuan sebagai media komunikasi ilmiah bidang Biologi dan pembelajarannya yang diangkat dari hasil penelitian atau studi literature. Redaksi menerima ...