Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Al-Qur'an
Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020

Implementasi Metode Drill dalam Pelaksanaan Pembelajaran Hafalan Juz ‘Amma di Madrasah Diniyah Miftahul Ihsan Berankepil Wonosobo

Vava Imam Agus Faisal (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2020

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci terakhir yang paling sempuran yang diturunkan Alloh sebagai pedoman hidup seluruh umat manusia. Pengetahuan tentang Al-Qur’an dapat dipelajari oleh manusia melalui proses, membaca, menghafal dan memahami maknanya. Pembelajaran menghafal Al-Qur’an merupakan aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan sejak usia dini. Anak usia dini ini mempunyai daya ingat yang kuat, walaupun belum bisa membaca maupun mengetahui huruf hijaiyah dalam al-Qur’an. Pembahasan dalam tulisan ini berkaitan dengan pembelajaran menghafal juz amma menggunakan metode drill di Madrasah diniyah Mifathul Ihsan Beran Kepil Wonosobo. Juz Amma adalah bagian dari Al-Qur’an yang terdapat dalam juz 30. Pembelajaran dengan metode drill ini memberikan kontribusi positif dalam membentuk pola pembiasaan secara kontinyu dan meningkatnya kemampuan daya ingat para santri. Penerapan metode driil dalam pembelajaran hafalan juz ‘amma diawali dengan pertama, tahap persiapan dengan mempersiapkan target dan capaian hafalan bagi santrinya. Kedua, tahapan pelaksanaan dan bimbingan pembelajaran hafalan Juz ‘Amm oleh ustadz dikelas secara konvensional. Ketiga, tahap evaluasi dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari masing-masing santri dan sebagai langkah diagnosis dalam meningkatkan pembelajaran di waktu selanjutnya. Adapun dampak dari implementasi metode dril untuk mambangun kebiasaan dan sikap positif santri dan sebagai dasar untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

hq

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Hamalatul Quran : Jurnal Ilmu Ilmu Al-Quran is Journal the publishes scientific articles on research in fields related to the Quran ...