Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol. 1 No. 02 (2020): Desember

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN SISWA TKJ SMK NEGERI 1 BITUNG

Lianto Salikara (Universitas Negeri Manado)
V. R. Palilingan (Universitas Negeri Manado)
Aljte Wajong (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2021

Abstract

Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar administrasi infrastruktur jaringan pada siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Bitung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Quasi Experimental dengan jenis rancangan penelitian posttest only, non-equivalent control-group design, sedangkan pengumpulan data penelitian ini dilakukan menggunakan tes berbentuk praktik dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Pengolahan data menggunakan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat menunjukan data berdistribusi normal, uji homogenitas menggunakan uji-F menunjukan sampel yang diteliti mempunyai varians yang sama atau homogen dan uji hipotesis menggunakan uji-T menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Maka hasil penelitian ini menunjukan penggunaan media pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sesuai dengan hipotesis awal, kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran simulasi berpengaruh terhadap hasil belajar admiistrasi infrastruktur jaringan pada siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Bitung

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ismartedu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Other

Description

iSmartEdu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Manado. iSmartEdu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, ...