cover
Contact Name
Johan Reimon Batmetan
Contact Email
john.reimon@unima.ac.id
Phone
+6282292373989
Journal Mail Official
john.reimon@unima.ac.id
Editorial Address
Lingkungan IX Lansot Tomohon Selatan
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
ISSN : -     EISSN : 27749657     DOI : -
iSmartEdu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Manado. iSmartEdu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang memberi kontribusi pada pengembangan IPTEKS dalam memudahkan orang lain untuk belajar guna meningkatkan pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran secara menyeluruh. iSmartEdu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi terbit 1 tahun 2 kali yaitu pada bulan Juni dan Desember yang merupakan bentuk publikasi hasil-hasil riset atau penelitian bidang Pendidikan, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Multi Media, Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi Pendidikan.
Articles 38 Documents
PENGUKURAN USABILITY SISTEM OPERASI ANDROID MENGGUNAKAN USE QUESTIONAIRE DI UNIVERSITAS NEGERI MANADO John Reimon Batmetan; Trudi Komansilan; Julita Mamonto
Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 1 No. 01 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.621 KB)

Abstract

Aspek- aspek usability dijadikan acuan dalam mengukur tingkat kebergunaan pada system operasi android . Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Manado, respondennya sendiri meliputi Dosen, staff dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan use questionaire yang memiliki aspek efektivitas, efisiensi dan kepuasan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner dengan jumlah dalam penelitian ini ada 30 responden dengan 13 atribut pertanyaan yang diajukan. Setelah memperoleh data, selanjutnya dilakukan analisa dengan menggunakan metode skala likert untuk memperoleh presentase nilai usability pada system operasi android di Universitas Negeri Manado. Hasil Pengukuran Usability menunjukkan keseluruhan atribut memiliki usability oleh user, rata-rata diatas nilai 3, sehingga dapat dikatakan bahwa system operasi android yang digunakan oleh user telah memiliki nilai aspek Usability yang baik
PENGGUNAAN TEKNOLOGI PESAWAT TANPA AWAK UNTUK PEMETAAN DAN PEMANTAUAN LAHAN PERTANIAN DI KECAMATAN TONDANO SELATAN Trudi Komansilan
Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 1 No. 01 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.441 KB)

Abstract

Universitas Negeri Manado yang telah hadir di Kabupaten Minahasa, memiliki ribuan mahasiswa, pegawai, dan dosen yang beraktifitas di dalamnya. Makin lama populasi yang ada makin meningkat sehingga penggunaan lahan yang ada beralih menjadi pemukiman. Hal ini perlu diperhatikan secara khusus karena tanah datar yang luas yang ada pada awalnya digunakan untuk lahan pertanian khususnya untuk sawah, ditunjang juga karena area yang ada memiliki banyak mata air dan sedimen yang sangat cocok untuk ditanami padi. Hal ini berubah tahun demi tahun, lahan dari yang awalnya merupakan sawah berubah menjadi pemukiman untuk tempat kost ataupun menjadi tempat pariwisata untuk pemandian air panas, yang lain ada yang berubah menjadi restoran. Dengan menggunakanUAV lahan sawah dipantau dan dipetakan sehingga bisa diketahui berapa luasan yang ada. Dengan menggunakan metode action research, setiap tahapan berupa Planning Action, Taking Action, Evaluating Action, Diagnose telah dilaksanakan dengan didapatkan pemetaan dan pemantaun lahan pertanian khususnya sawah di Kecamatan Tondano Selatan.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL BERBASIS MULTIMEDIA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 TONDANO Trudi Komansilan
Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 1 No. 01 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.355 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran komposisi foto digital berbasis multimedia siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tondano. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam proses belajar mengajar, mengakibatkan berkurangnya ketertarikan siswa pada proses belajar mengajar. Dalam mengatasi masalah ini maka diperlukan suatu fasilitas yang tepat, salah satunya adalah dengan menggunakan modul pembelajaran berbasis multimedia sebagai sarana untuk membantu siswa dalam proses penerimaan materi dan guru dalam menyampaikan materi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siklus Hidup Pengembangan sistem multimedia (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahap yaitu Pengonsepan (concept), Perancangan (design), Pengumpulan Materi (material collecting), Pengujian (testing), Distribusi (distributon). Metode pengujian system menggunakan black box testing dan white box testing. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah terciptanya modul pembelajaran komposisi foto digital ini sebagai media belajar untuk guru dan peserta didik khususnya siswa Kelas XI SMK yang telah diuji coba dan layak digunakan.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN FOTOGRAFI BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PENGGUNA DSLR Louis Marshal Mekel; Trudi Komansilan; V. R. Palilingan
Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 1 No. 01 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.439 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran pengenalan fotografi berbasis multimedia untuk pengguna DSLR (Digital Single Lens Reflex) dalam bentuk video. Peneltian ini menggunakan metode pengembangan system Multimedia Delevopment Life Cycle yang memiliki enam tahap yaitu Consept, Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing, dan Distribution. Setelah melakukan uji coba yang dilakukan oleh ahli media maka penelti mengambil kesimpulan bahwa media pembelajaran pengenalan fotografi berbasis multimedia untuk pengguna DSLR (Digital Sengle Lens Reflex) telah layak digunakan untuk siapa saja dan telah sesuai dengan konsep pengembangan produk, dan dari hasil pengujian yang telah dilakukan video ini telah berjalan dengan berdasarkan tujuan pengembangan dan tidak terdapat kesalahan yang terjadi saat videoberlangsung.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X SMK KRISTEN KAWANGKOAN Putri P. Watulingas; Ferdinan I. Sangkop; Jimmy Waworuntu
Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 1 No. 01 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.486 KB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Kristen Kawangkoan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eskperimen semu dengan menggunakan desain penelitian non-equivalent control-group design, sedangkan pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal tes objektif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Kristen Kawangkoan dan sampelnya adalah Kelas X Akutansi sebagaikelas kontrol dan Kelas X OTKP sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan bantuan aplikasi Microsoft excel 2010 dan penghitungan Thitung dengan rumus varians berbeda. Berdasarkan Uji Normalitas dimana kedua data ini berdistribusi normal. Hasil uji Homogenitas dari kedua data tersebut dengan menggunakan uji-F sama-sama homogeny. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t Polled Varians dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung < ttabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini yaitu ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital siswa Kelas X SMK Kristen Kawangkaon.
PENERAPAN PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA Nelci Vebi Rumabar; Verry Ronny Palilingan; Parabelem T.D Rompas
Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 1 No. 01 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.575 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division dapat meningkatkan hasil belajar Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Bitung. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart. Alur penelitian terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi dan peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran kooperatfi tipe student team achievement division yaitu kelas X TKJ yang berjumlah 20 peserta didik. Setelah dilaksanakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division maka peserta didik menjadi aktif dan pembelajaran maksimal. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus I peserta didik yang tergolong presentase ketuntasan pada mata pelajaran jaringan dasar baru mencapai 75%, dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar jaringan dasar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 90%. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran model pembelajaran kooperati tipe student team achievement division
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X MAK MADANI MANADO Andi R. Widyastuti; Kristofel Santa; Djami Olii
Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 1 No. 01 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.246 KB)

Abstract

Simulasi dan Komunikasi Digital merupakan mata pelajaran baru yang dirancang untuk menggantikan mata pelajaran KKPI pada tingkat SMK/MAK. Penelitian ini dilakukan di MAK Madani Manado yang memberikan mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital pada siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital siswa kelas X MAK Madani Manado. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 23 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) di mana data diperoleh setelah di lakukan tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dilaksanakan dalam dua siklus untuk mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 75% dari siswa kelas X telah memperoleh nilai minimal ≥75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini berdasarkan data yang diperoleh, pada siklus I dengan hasil sebanyak 12 siswa tuntas belajar dengan presentasi keberhasilan adalah 52% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa tuntas belajar dengan presentasi keberhasilan adalah 91% berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pemebelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAK Madani Manado.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN Lianto Salikara; V. R. Palilingan; Aljte Wajong
Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 1 No. 01 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.315 KB)

Abstract

Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar administrasi infrastruktur jaringan pada siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Bitung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Quasi Experimental dengan jenis rancangan penelitian posttest only, non-equivalent control-group design, sedangkan pengumpulan data penelitian ini dilakukan menggunakan tes berbentuk praktik dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Pengolahan data menggunakan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat menunjukan data berdistribusi normal, uji homogenitas menggunakan uji-F menunjukan sampel yang diteliti mempunyai varians yang sama atau homogen dan uji hipotesis menggunakan uji-T menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Maka hasil penelitian ini menunjukan penggunaan media pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sesuai dengan hipotesis awal, kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran simulasi berpengaruh terhadap hasil belajar admiistrasi infrastruktur jaringan pada siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Bitung.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS VIII SMPN 1 TONDANO Ekaristi Megama
Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 1 No. 01 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.084 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada Siswa SMP Negeri 1 Tondano, Kabupaten Minahasa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tondano yang berjumlah 307 siswa, dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIIIF (kelas kontrol) dengan masing-masing kelas berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah ttest pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan pengolahan data dan hasil perhitungan menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS, diperoleh thitung (6,202) > ttabel (2,004) dengan mean differences sebesar 19,50. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar TIK antara siswa kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan model Direct Instruction dan kelas kontrol yang mendapat pembelajaran dengan metode konvensiona yang berarti terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar TIK siswa SMP Negeri 1 Tondano
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 5 BITUNG Janli Marlinda Okra; Djami Olii; Parabelem T. D Rompas
Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 1 No. 02 (2020): Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.341 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 5 Bitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimen. Rancangan penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK NEGERI 5 BITUNG, dimana dengan penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sample, sampel yang diambil berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing terdiri dari 15 siswa. Berdasarkan hasil penelitian. Data yang terkumpul dengan menguji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Data dari hasil penelitian di SMK Negeri 5 Bitung menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Hasil belajar dari Teknologi Layanan Jaringan yang menggunakan model pembelajaran discovery lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan konvensional, dimana rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 83, dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas Kontrol yaitu 74.33. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar Teknologi Layanan Jaringan siswa SMK Negeri 5 Bitung.

Page 1 of 4 | Total Record : 38