HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol 10, No 2 (2021)

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Syahbuddin Syahbuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Latar belakang masalah adalah ketika dilaksanakan ulangan harian pada mata pelajaran PAIkompetensi dasar dalam memahami struktur dan fungsi bagian tumbuhan , hanya 55% Dari34 siswa yang mencapai KKM sebesar 65 yang ditetapkan sekolah. Identifikasi masalah yaitumotivasi hasil belajar PAI masih rendah. tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswadalam memahami Fungsi Bagian Tumbuhan Batang dengan menggunakan metodedemonstrasi siswa kelas IV SDS Hubbulwathan Duri Kecamatan Mandau Tahun Pelajaran2020/2021. Subjek, Tempat, dan Waktu Penelitian, Tindakan Kelas ini dilakukan di kelas IV(empat) SDS Hubbulwathan Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, dengan jumlahsiswa kelas IV sebanyak 34 orang, yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 16 orangperempuan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 09 Oktober s/d 16 Oktober 2021. Duri. Padasiklus I siswa yang mendapat prestasi sangat baik sebanyak 22%.Pada tindakan perbaikandisiklus II ini, motivasi anak menjadi lebih baik dan hasil belajar siswa meningkat menjadi88% dari 34 orang siswa. Dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkanmotivasi belajar PAI siswa kelas IV SDS Hubbulwathan duri Kecamatan Mandau. Saran sertatindak lanjut Pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi sangat baik digunakanpada siswa kelas IV dengan materi mengetahui fungsi bagian tumbuhan batang karena dapatmeningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hikmah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ...