E-journal Widya Non-Eksakta
Vol 1, No 1 (2014)

NILAI-NILAI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA YANG BERDASARKAN PANCASILA DAN UUD 1945

Rachmah, Huriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2013

Abstract

Abstrak:   Pembangunan karakter merupakan upaya perwujudan amanat Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 dilatarbelakangi oleh realita permasalahan kebangsaan yang berkembang saat ini, seperti: disorientasi dan belum dihayatinya nilai-nilai Pancasila; keterbatasan perangkat kebijakan terpadu dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila; bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; memudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa; ancaman disintegrasi bangsa; dan melemahnya kemandirian bangsa.Tujuan penulisan makalah ini adalah membahas tentang nilai-nilai karakter bangsa yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945. Timbulnya pendidikan karakter bangsa pada tingkat satuan pendidikan disebabkan oleh kondisi bangsa ini yang semakin menunjukkan perilaku tidak terpuji dan tidak menghargai budaya bangsa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kajian pustaka dengan teknik analisis deskriptif. Hasil pembahasan memperlihatkan guru sebagai eksekutor dikelas mempunyai tanggung jawab untuk memberikan contoh bagaimana implementasi pendidikan karakter sehingga walau awalnya terpaksa, hingga menjadi dapat dan akhirnya terbiasa sehingga pada akhirnya karakter tersebut akan muncul dan dapat menjadi karakter bangsa yang sesungguhnya. Kata kunci: nilai, pendidikan, karakter, pancasila, UUD 1945 Abstract:     Character building is an effort to mandate the embodiment of Pancasila and 1945 Constitution against the backdrop of the reality of a growing national problem today, such as disorientation and yet there is appreciation of the values of Pancasila; limitations of integrated policy tools in realizing the values of Pancasila; shifting of ethical values in the life of the nation and state; waning awareness of national cultural values; threat of national disintegration, and the weakening of national independence.The purpose of this paper is to discuss the values of the nations character is based on Pancasila and 1945 Constitution. The emergence of the nations character education at the unit level of education due to the condition of this nation are increasingly showing improper behavior and do not respect national culture. The method used literatureresearch with descriptive analysis technique. The result are classroom teacher as an executor has the responsibility to provide examples of how the implementation of character education so that though at first unwillingly, and to be able to finally get used to that in the end the character will appear and can be a real character of the nation. Key words: value, education, character,pancasila, UUD 1945

Copyrights © 2014