Wawasan Pendidikan
Vol 2, No 1 (2022): Februari 2022

ANALISIS KESULITAN PENGUASAAN KOSAKATA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV DI SD PLUS LATANSA KABUPATEN DEMAK

SUCANDRA SUCANDRA (PGRI SEMARANG UNIVERSITY)
Muhammad Arief Budiman (Universitas PGRI Semarang)
Khusnul Fajriyah (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris pada kelas IV di SD mengalami kesulitan dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas IV di SD Plus Latansa Kabupaten Demak, 2) mendeskripsikan solusi kesulitan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas IV di SD Plus Latansa Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD dan guru Bahasa Inggris kelas IV SD Plus Latansa Kabupaten Demak. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, hasil pekerjaan siswa dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dari 12 siswa 66,67% 8 siswa mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada materi makanan dan minuman (food and drink). Faktor penyebab kesulitan belajar yang berasal dalam diri siswa (internal) yaitu (1) kondisi tubuh siswa, (2) kecerdasan siswa, (3) minat belajar yang rendah, (4) motivasi belajar yang rendah dan,  (5) sikap kebiasaan belajar siswa. Faktor penyebab kesulitan belajar yang berasal dari luar diri siswa (eksternal) yaitu (1) gangguan dari teman saat belajar, (2) peyajian materi yang kurang menarik, (3) penggunaan media yang kurang masksimal dan, (4) pemilihan metode yang kurang tepat. Solusi kesulitan belajar dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris diantarnya yaitu (1) pemilihan metode yang tepat dengan kondisi siswa, (2) pengunaan media harus maksimal, (3) penyajian materi harus lebih menarik dan, (4) menciptkan suasana belajar yang menyenangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...