cover
Contact Name
Prasena Arisyanto
Contact Email
prasenaarisyanto@upgris.ac.id
Phone
+6285227258778
Journal Mail Official
wawasanpendidikanupgris@gmail.com
Editorial Address
Gedung Utama Lt.2, Jalan Sidodadi Timur no. 24 - Dr. Cipto, Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Wawasan Pendidikan
ISSN : 28075714     EISSN : 28074025     DOI : https://doi.org/10.26877/wp.v1i1.9208
Core Subject : Education,
Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, dan pendidikan inklusi. Artikel yang dimuat merupakan hasil penelitian yang ditulis dalam bahasa Indonesia ataupun Inggris.
Articles 111 Documents
UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI TK AISYIYAH II DOYONG MIRI SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Arum Nurcahyani Wibawati
Wawasan Pendidikan Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/wp.v1i1.9153

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui model pembelajaran sentra pada kelompok B TK Aisyiyah II Doyong Miri Sragen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B yang berjumlah 10 anak. Objek penelitian ini adalah kreativitas anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, rubrik penilaian kreativitas anak. indikator yang ditetapkan yaitu jika minimal 70% dari 10 anak memiliki kreativitas yang berada pada tingkat berkembang sangat baik (BSB). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran sentra dengan menerapkan tiga jenis sentra yaitu sentra persiapan, sentra bahan alam cair, dan sentra peran dapat meningkatkan kreativitas anak. Pada saat tindakan pra siklus hanya terdapat 20% anak yang mempunyai kreativitas berada pada tingkat berkembang sangat baik, pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan yaitu 40% dari 10 anak mempunyai kreativitas dengan tingkat berkembang sangat baik, pada siklus II sebesar 70% dari 10 anak yang kreativitasnya berada pada tingkat berkembang sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa krativitas anak Kelompok B dengan tingkat berkembang sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 70% dan pelaksanaan penelitian dihentikan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR Dhimas Wahyu Prasetya
Wawasan Pendidikan Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/wp.v1i1.9208

Abstract

Perbaikan pembelajaran IPA pada tema lingkungan dengan materi bagian-bagian tumbuhan, sebagian besar siswa mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu 70. Oleh karena itu guru berupaya melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran make a match (mencari pasangan) berbantuan media gambar. Tujuan perbaikan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk hasil belajar pada pra siklus ketuntasan siswa 40%  kemudian ketuntasan pada siklus I meningkat menjadi 65% dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 93%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode make a match (mencari pasangan) berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tema lingkungan dengan materi pokok bagian-bagian tumbuhan di kelas IIA Semester I SD N Kemijen 03 Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.
Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Mengenai Makanan Gizi Seimbang Terhadap Pertumbuhan Anak Usia 1-2 Tahun alifatun nikmah; Ratna Wahyu Pusari; Nila Kusumaningtyas
Wawasan Pendidikan Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/wp.v1i2.9053

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah perilaku pemberian makan yang dilakukan orang tua berperan penting dalam  memenuhi kebutuhan zat gizi anak. Orang tua, terutama ibu bertanggung jawab terhadap pengasuhan anak termasuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu mengenai makanan gizi seimbang terhadap pertumbuhan anak usia 1-2 tahun di desa Tanjung Anom. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah anak umur 1-2 tahun di Posyandu Anom Jaya Desa Tanjunganom. Sampel yang diambil adalah sebanyak 30 anak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui Antropometri, dokumentasi,  pedoman puku KMS (Kartu Menuju Sehat) dan kuesioner. Hasil analisis kuesioner Berdasarkan hasil diatas diperoleh ttabel pada taraf signifikansi a= 5% sebesar 1,69913 dan thitung= 9,6240951. Maka thitung> ttabel= 9,6240951 > 1,69913 yang artinya hipotesis nol ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat tingkat pengetahuan orang tua mengenai makanan gizi seimbang terhadap pertumbuhan anak usia 1-2 tahun di desa Tanjunganom. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan dari penulisan adalah supaya orang tua dapat  meningkatkan pengetahuannya tentang makanan gizi seimbang terhadap pertumbuhan anak serta berperan aktif dalam pemantauan pertumbuhan anak secara mandiri.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN BALAP KARUNG MEMINDAHKAN BOLA PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH AL HUSNA KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL Firma Prawidyasari
Wawasan Pendidikan Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/wp.v1i1.9267

Abstract

Latar belakang yang mendorong penulis melakukan penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B. Hal ini dapat dilihat ketika melakukan gerakan berayun, mengangkat, bergoyang, merentang, memeluk, melengkung, memutar, membungkuk dan mendorong. Keterampilan ini membutuhkan keseimbangan atau kestabilan tubuh, yaitu gerakan yang membutuhkan keseimbangan pada taraf tertentu seperti, berputar dan mengayunkan kedua tangan di tempat. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan motorik kasar pada anak didik; (2) peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak melalui kegiatan bermain balap karung memindahkan bola. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak TK Aisyiyah Al Husna Gemuh Kendal yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain balap karung memindahkan bola yang dilakukan pada anak TK Aisyiyah Al Husna Gemuh Kendal dapat disimpulkan bahwa melalui bermain balap karung memindahkan bola dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak. Hal tersebut ditandai  dari ketercapaian indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dengan peningkatan hasil belajar dari siklus I, dapat diketahui bahwa ketuntasan yang dicapai sebanyak 11 anak (52,38%). Pada siklus II yang ketuntasan yang dicapai sebanyak 80,95% atau 17 anak dinyatakan berhasil, dari pencapaian hasil pembelajaran siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, sehingga tidak perlu dilakukan perbaikan pada siklus berikutnya. Disimpulkan bahwa melalui bermain balap karung memindahkan bola dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK KRISTEN NGORESAN 2 Ernawati Ernawati
Wawasan Pendidikan Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/wp.v1i1.9156

Abstract

Latar belakang yang mendorong penulis melakukan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan kognitif khususnya pada anak usia 5-6 tahun di kelompok B. Anak-anak masih kesulitan di dalam pengenalan konsep bilangan yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman anak terhadap bilangan dengan benda-benda konkret sebagai pondasi yang kokoh pada anak di dalam mengembangkan kemampuan matematika.  Pada pengembangan kognitif khususnya pada pengenalan konsep bilangan di kelompok B TK Kristen Ngoresan 2 kemampuan anak masih rendah.  Guru hanya memberikan tugas kepada anak untuk mengerjakan majalah dan guru hanya memberikan contoh kepada anak untuk menghitung jumlah benda yang ada pada majalah dan mengisinya dengan angka yang sesuai pada jumlah benda tersebut.Lalu menuliskan angkanya pada kolom yang tersedia.  Tujuan yang ingin dicapai adalah upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka di TK Kristen ngoresan 2. Metode penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah anak usia5-6 tahun pada kelompok B yang terdiri dari 20 anak di TK Kristen ngoresan 2 Jebres Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, dokumentasi, unjuk hari kerja/pemberian tugas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis teknik dasar Deskriptif  Kompratif dan analisis kritis. Disimpulkan bahwa melalui kegiatan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka.
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEMA 7 SUB TEMA 1 KELAS IV SDN MRANGGEN 2 DEMAK Gesti Mustikasari; Arfilia Wijayanti; Ferina Agustini
Wawasan Pendidikan Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/wp.v1i2.8728

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah  a) menguji kevalidan media video berbasis kontekstual pada Tema 7 Subtema 1 kelas IV di SDN Mranggen 2. b) menguji kepraktisan dan kegunaan media video berbasis kontekstual pada Tema 7 Subtema 1 kelas IV di SDN Mranggen 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau (research & development). Prosedur dakam penelitian dan pengembangan ini menerapkan prosedur ADDIE. Media dalam pengembangan ini harus melalui subjek penilai yaitu validasi ahli media, ahli materi, dan angket tanggapan guru untuk memperkuat validasi media. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media  dan data ahli materi dan hasil uji coba produk. Instrument pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif. Hasil pengembangan berupa media video berbasis pendekatan kontekstual pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1.Hasil penilaian angket media video berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan valid. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi. Hasil validasi ahli media pembelajaran sebesar 90%. Validasi ahli materi sebasar 92%. Media video berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan praktis dan berdayaguna. Hal ini dibuktikan dengan hasil tanggapan guru sebesar 91% dan dari tanggapan siswa sebesar 90%. Hal ini menunjukkan bahwa media video berbasis pendekatan kontekstual valid, praktis, dan berdayaguna untuk pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya media video berbasis pendekatan kontekstual ini dapat dikembangkan dengan materi tema ataupun subtema yang lain sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.Kata Kunci: Pengembangan, Media Video, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Tematik.
PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU SOAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS VI SDN 4 TUNGGULREJO GABUS GROBOGAN Komar Sapto Rini
Wawasan Pendidikan Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/wp.v1i2.9456

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan mengerjakan soal cerita mata pelajaran Matematika melalui penerapan metode bermain kartu soal bagi siswa kelas VI SDN 4 Tunggulrejo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 4 yang berjumlah 17 siswa dengan rincian perempuan sejumlah 9 orang dan 18 orang laki-laki. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 3 kali pertemuan meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Melalui penerapan metode bermain kartu soal dapat meningkatkan aktivitas beajar dan kemampuan mengerjakan soal cerita mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode bermain kartu soal. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai hasil belajar maupun aktivitas belajar tiap siklus. Pada wal nilai rata-rata 66.18 pada siklus I dan menjadi 80.29 pada siklus II dengan ketuntasan 58.82% pada siklus I dan 88.24% pada siklus II. Keaktifan siswa pada siklus I 29.41% aktif dan pada siklus II menjadi 94.12% aktif.
ANALISIS KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI DENGAN BERMAIN ALAT MUSIK ANGKLUNG DI KELOMPOK B Ari Patma Sari; Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti; Purwadi Purwadi
Wawasan Pendidikan Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/wp.v1i2.8839

Abstract

Musical intelligence is musical intelligence which is characterized by a person's ability in the field of music, both sensitivity and mastery of tones, rhythms, rhythm patterns, instruments, and musical expressions, so that a person can play musical instruments or sing songs. This study aims to analyze the musical intelligence of early childhood with angklung musical instruments in Hidayatullah Islamic Kindergarten Semarang. The benefit of this research is knowing how to apply the angklung musical instrument correctly so that it can develop children's musical intelligence. The method used is descriptive qualitative research with data collection methods, namely observation, interviews, and documentation. Based on the results of research that has been done that the activity of playing angklung musical instruments can play an active role in stimulating children's musical intelligence. This can be seen when playing angklung musical instruments, children have skills in playing angklung musical instruments, the ability to adjust the tempo, adjust the tone, adjust the rhythm/rhythm, and the ability to sing short songs with the right rhythm. The results of the study showed that the musical intelligence of children in group B of Hidayatullah Islamic Kindergarten Semarang through playing the angklung musical instrument developed as expected.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN KERTAS WARNA BERGAMBAR PADA KELOMPOK A DI TK AR-RAHMAH SURUH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Komsiyati Komsiyati
Wawasan Pendidikan Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/wp.v1i1.9160

Abstract

Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dengan kertas warna bergambar pada kelompok A di TK IT AR-RAHMAH SURUH Tahun Pelajaran 2016/2017”Pada dasarnya anak memiliki banyak kemampuan yang bisa dikembangkan melalui tahapan-tahapan sesuai perkembangannya. Sesuai kesepakatan para ahli bahwa kegiatan bermain merupakan cara efektif yang bias digunakan untuk belajar anak. Salah satu upaya yang  dilakukan dalam pengembangan motorik halus anak sesuai indicator yaitu menggunting bentuk melingkar, zig zag dan lain-lain. Beberapa permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah anak masih kesulitan dan kaku menggunakan dan memegang gunting.  Setelah melakukan tindakan pra siklus, siklus 1 dan siklus 2, terlihat hasil penilaian pengembangan motoric halus anak melalui kegiatan menggunting bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sensori motoric anak berupa koordinasi mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.Setelah mendapatkan hasil dari penelitian ini, peneliti berharap anak bisa mengkoordinasikan mata dan tangannya agar kemampuan anak melalui kegiatan menggunting lebih maksimal, dan kemampuan motoric halus anak lebih maksimal pada anak kelompok A.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 TRATEMULYO Ety Arfiana Kurniasari; Sukamto Sukamto
Wawasan Pendidikan Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/wp.v1i1.9214

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VI SD Negeri 2 Tratemulyo melalui model Concept Sentence dengan media gambar. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa skor keterampilan guru mengalami peningkatan, yaitu 26(baik) pada siklus I menjadi 29(baik) pada siklus II, dan 34(sangat baik) pada siklus III. Aktivitas siswameningkat dari 24 (baik) pada siklus I menjadi 26 (baik) pada siklus II, dan 31 (sangat baik) pada siklus III. Hasil belajar siswa secara klasikal meningkat dari 56% pada siklus I menjadi 72% pada siklus II, dan 88% pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah model Concept Sentence dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VI SD Negeri 2 Tratemulyo.

Page 1 of 12 | Total Record : 111