Manajemen dan Kewirausahaan
Vol. 2 No. 2 (2021): Manajemen dan Kewirausahaan

Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Aset, Struktur Aktiva Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Glorya Gebriela Mamahit (Universitas Negeri Manado)
Arie Kawulur (Universitas Negeri Manado)
Hennij L. Suot (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tingkat pertumbuhan aset, struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal. Objek penelitian yang diambil adalah perusahaan manufaktur sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi atau archival. Dengan teknik data panel metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Dengan aplikasi pengolahan data eviews 10. Sampel penelitian sebanyak 41 perusahaan manufaktur sektor pertambangan periode 5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pertumbuhan aset (TAG) dan struktur aktiva (FAR) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap struktur modal (DAR), sedangkan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal (DAR).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manajemen-dan-kewirausahaan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

The Manajemen & Kewirausahaan is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on business, management, and entrepreneurship. The M&K invites manuscripts in the areas: Human Resource Management, Marketing Management, Finance Management, Strategic Management, ...