cover
Contact Name
Nikolas Fajar
Contact Email
nikolas.fajar@unima.ac.id
Phone
+6285299844243
Journal Mail Official
editor.mk@unima.ac.id
Editorial Address
Gedung Manajemen Lantai 2 Fakultas Ekonomi-Universitas Negeri Manado Jl Kampus UNIMA-Tondano 95618
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Manajemen dan Kewirausahaan
  • manajemen-dan-kewirausahaan
  • Website
ISSN : -     EISSN : 27746941     DOI : https://doi.org/10.52682/mk
Core Subject : Economy, Education,
The Manajemen & Kewirausahaan is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on business, management, and entrepreneurship. The M&K invites manuscripts in the areas: Human Resource Management, Marketing Management, Finance Management, Strategic Management, Operation Management, Tourism Management, Digital Business, Management Information System, Entrepreneurship. The Manajemen & Kewirausahaan accepts any articles relevant to those subjects and any research methodology that meet the standards established for publication in the journal. The acceptance decision is made based upon an independent peer-review process that concerned on constructive and prompt evaluations of submitted manuscripts.
Articles 42 Documents
Gaya Kepemimpinan dan Hubungannya dengan Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Rovan Moningkey; Wilson Bogar; Bambang Hermanto
Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2020): Manajemen dan Kewirausahaan
Publisher : Manajemen FE Unima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.366 KB) | DOI: 10.53682/mk.v1i1.467

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan dari gaya kepemimpinan dengan kinerja pegawai pada kantor dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten Minahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 27 responden (pegawai). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi dan dilengkapi dengan angket/kuesioner. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat adanya hubungan yang signifikan antara variabel gaya kepemimpinan indikatornya yaitu orientasi direktif, orientasi supportive, orientasi partisipatif dan orientasi prestasi, dengan variabel kinerja pegawai indikatornya yaitu kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektifitas dan kemandirian, pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa
Pemberdayaan Karyawan dan Etos Kerja Serta Dampaknya Pada Komitmen Organisasi Pada Karyawan PT. PLN (Persero) UP3 MINAHASA Prastha Macarau; Tinneke E. M Sumual; Hennij L Suot
Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2020): Manajemen dan Kewirausahaan
Publisher : Manajemen FE Unima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.987 KB) | DOI: 10.53682/mk.v1i1.469

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberdayaan karyawan, etos kerja terhadap komitmen organisasi PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Dan Pembangkitan Minahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan di PT. PLN (Persero) UPPP Minahasa yang berjumlah 46 orang, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari analisis data menunjukkan pemberdayaan berpengaruh langsung positif terhadap komitmen organisasi, etos kerja berpengaruh langsung positif terhadap komitmen organisasi karyawan, dan pemberdayaan dan etos kerja secara simultan berpengaruh positif terhadapkomitmen organisasi karyawan
Pengaruh Inflasi Terhadap Harga Saham PT. MODERN INTERNASIONAL Tbk Periode 2013-2020 Zefanya Lahama; Henry J. D Tamboto; Robert Winerungan
Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2020): Manajemen dan Kewirausahaan
Publisher : Manajemen FE Unima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.529 KB) | DOI: 10.53682/mk.v1i1.470

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Inflasi berpengaruh terhadap harga saham PT. Modern Internasional. Tbk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Bursa Efek Indonesia, melalui website www.idx.co.id dan www.bi.go.id. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara inflasi dan harga saham. Berdasarkan kriteria pengujian dengan demikian kesimpulan pengujian ini hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara tingkat inflasi terhadap harga saham pada PT. Modern Internasional Tbk.
Pengaruh Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017 Gracia C. M. Tuju; Arie F Kawulur; Bobby Hamenda
Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2020): Manajemen dan Kewirausahaan
Publisher : Manajemen FE Unima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.792 KB) | DOI: 10.53682/mk.v1i1.473

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sector makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017, kemudian teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diambil 18 perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Kebijakan hutang berpengaruh negative tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (2). Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (Y), dan nilai perusahaan hanya dipengaruhi oleh variabel X₁ dan X₂ yang diteliti sebesar 85% dan sisanya 15% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pada Loyalitas Pelanggan Pada Nasabah Perbankan di Kabupaten Minahasa Selatan Natalia Priska Kereh; Ramon Tumiwa; Aditya Pandowo
Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2020): Manajemen dan Kewirausahaan
Publisher : Manajemen FE Unima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.876 KB) | DOI: 10.53682/mk.v1i1.476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas Pada perbankan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dan teknik sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah yang ada pada perbankan di Minahasa Selatan. Jadi dalam penelitian ini mengambil sampel sebanyak 75 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuisioner yang telah dikali uji validitas dan reabilitasnya, observasi langsung dan wawancara. Metode yang digunakan didalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas (kualitas pelayanan dan kepuasan) terhadap variabel terikat (loyalitas) memiliki kontribusi sebesar 64,1% sedangkan sisanya sebesar 35,9% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Ini menunjukan bahwa variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat
Dampak Struktur Kepemilikan Terhadap Kebijakan Hutang Rosanti Solango; Lihard Lumapow
Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2020): Manajemen dan Kewirausahaan
Publisher : Manajemen FE Unima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.809 KB) | DOI: 10.53682/mk.v1i2.539

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meganalisis pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kebijakan hutang pada perusahaan industri manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang di peroleh di BEI selama 5 tahun berturut-turut yaitu laporan keuangan periode tahun 2012-2016. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu metode penentuan jumlah sampel yang di ambil secara acak berdasarkan kriteria –kriteria tertentu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 151 perusahaan industri manufaktur yang terdaftar di BEI dengan sampel penelitian sebanyak 35 perusahaan.Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kebijakan hutang dan kepemilikan institusional berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kebijakan hutang.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE GRA: (Studi pada pelanggan GrabCar di Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa) Branda Pontoh; Bambang Hermanto; John Apituley
Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2020): Manajemen dan Kewirausahaan
Publisher : Manajemen FE Unima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.567 KB) | DOI: 10.53682/mk.v1i2.545

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu dan modal sosial terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN Di Minahasa. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 orang karyawan tetap dan sampel yang diambil adalah keseluruhan dari populasi dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Jawaban responden diolah menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menjelaskan keterkaitan antar variabel yang diukur dalam penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan variabel karakteristik individu dan modal sosial berpengaruh positif dan secara signifikan terhadap kinerja karyawan terbukt
PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI PT. TUNA DWIPA MATRAS POS TONDANO Stefani Angmalisang; Sandy Lila
Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2020): Manajemen dan Kewirausahaan
Publisher : Manajemen FE Unima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.382 KB) | DOI: 10.53682/mk.v1i2.555

Abstract

Persainganbisnisyang semakinketatmenuntutparaperusahaan sebagai pelaku bisnisuntuklebihmeningkatkan kinerjanyadenganmenerapkanstrategi pemasarannyayangefektifdanfaktor-faktorlain,termasukmeningkatkankualitas pelayanan, sertamembangunhubunganjangkapanjangbagikonsumendancalon konsumenyangdapatmembantunyaungguldalampersaingan. AdapunTujuandari penelitianiniyaitumengetahui Pengaruh Promosi PenjualanTerhadapKeputusanPembelianSepedaMotorHondadiPT.TunaDwipa Matras Pos Tondano.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 91 orang sesuai dengan laporan penjualan perusahan pada tahun 2018, sedangkan pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel jenuh atau sensus, yaitu emnggunakan seluruh populasi sebagai sampel.Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana, yang memperoleh hasil yang menunjukan bahwa PromosiPenjualanberpengaruh signifikandanberdampak positif terhadap keputusan pembelian.Artinyasemakin baikpromosi penjualanmaka semakin tinggikeputusan dalam pembelian oleh konsumen.
Pengaruh Suku Bunga BI Rate, Inflasi Dan Kurs Terhadap IHSG Hennij L. Suot; Samuel Christian Sawelo; Bobby Hamenda
Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2020): Manajemen dan Kewirausahaan
Publisher : Manajemen FE Unima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.541 KB) | DOI: 10.53682/mk.v1i2.601

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa data IHSG tahun 2010 – 2017 berfluktuasi mengalami kenaikan dan penurunan. Pada tahun 2010 IHSG terjadi kenaikan kenaikan mencapai 46,13% dari tahun sebelumnya 2009 yang sangat naik sebesar 86,98% menjadi 2.534,36 dan naik 3.703,51. Pada tahun 2011 IHSG mengalami kenaikan juga sebesar 3.20% menjadi 3.821,99. Pada tahun 2012 IHSG mengalami kenaikan juga sebesar 9,51% menjadi 4.316,69. Selanjutnya pada tahun 2010 hingga 2012 selalu mengalami kenaikan. Pada Tahun 2013 IHSG turun sebesar 0,98% menjadi 4.218,74 dan pada tahun 2014 IHSG naik lagi sebesar 22,29% menjadi 5.226,95. Pada tahun 2015 IHSG turun lagi sebesar 12,13% menjadi 4.593,01. Dan setelah itu pada tahun 2016 dan 2017 mengalami peningkatan, pada tahun 2016 IHSG naik sebesar 15,32% menjadi 5.296,71 dan pada tahun 2017 IHSG naik sebesar 19,99% menjadi 6.355,65. Ketika suku bunga ditetapkan lebih tinggi dari pada tingkat pengembalian yang diharapkan oleh investor, maka investor cenderung mengalihkan investasinya ke pasar uang. Pengalihan dana investor tersebut akan menurunkan tingkat IHSG, akan tetapi sebaliknya apabila tingkat suku bunga lebih kecil daripada tingkat pengembalian yang diharapkan oleh investor, maka investor akan cenderung menyimpan dalam bentuk saham daripada bentuk deposito berjangka.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA PADA KEPUASAN PELANGGAN DI CASEY MUSIK STUDIO Henson Rumagit; Aditya Pandowo
Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2020): Manajemen dan Kewirausahaan
Publisher : Manajemen FE Unima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.775 KB) | DOI: 10.53682/mk.v1i2.627

Abstract

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di casey musik studio kurang lebih 2 bulan yang bertujuan untuk mencari tahu apakah kualitas pelayanan dan harga yang diberikan Casey Musik Studio berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dikarenakan data yang gunakan berbentuk angka guna untuk mencari tahu sebab dan akibat dari variabel yang diteliti. Populasi didalam penelitian ini adalah konsumen Casey Musik Studio yang tidak diketahui, dalam penelitian ini teknik analisis menggunakan regresi linear berganda dengan persyaratan dalam penelitian adalah uji kuisioner dan uji asumsiklasik. Data dari penelitian ini berasal dari kusioner yang telah diberikan bobot agar dapat diolah dengan menggunakan program aplikasi SPSS versi 22. Berdasarkan data yang telah diolah yang bersumber dari konsumen Casey Musik Studio, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa kualitas pelayanan dan harga dari casey musik studio berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial maupun simultan