Jurnal Abdidas
Vol. 2 No. 6 (2021): December Pages 1257-1486

Membangun Nilai-nilai Demokrasi Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo

Lucyane Djaafar (PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo)
Roni Lukum (PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo)
Zulfikar Adjie (PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo)
Refandi Damopolii (PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo)
Sintia Wantu (PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo)
Siti Ramiati Alim (PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Nilai demokrasi pada siswa merupakan perilaku toleransi, menghargai pertentangan pendapat dan mengetahui keberagaman di lingkungan sekolah. Kurangnya sikap dan prilaku nilai-nilai demokrasi pada siswa SMP N 2 Limboto yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: (a) kurangnya perhatian dari lingkungan keluarga terhadap proses pembelajaran anak dirumah; (b) Sebagain besar lingkungan tempat tinggal anak berada di pinggiran Danau Limboto kabupaten Gorontalo dimana di lingkungan setempat banyak anak-anak yang putus sekolah dan mengkonsumsi alkohol; (c) Banyak siswa yang berasal dari panti asuhan yang keadaan ekonominya kurang baik; (d) Faktor kekurangan dalam bidang ekonomi menyebabkan  anak setelah pulang sekolah menjadi buruh di pasar. Adapun solusi penyelesaiannya adalah dengan melakukan sosialisasi pentingnya membangun nilai-nilai demokrasi melalui pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan melakukan sosialisasi/penyuluhan kepada siswa SMP Negeri 2 limboto. Hasil yang dicapai menumbuhkan  nilai-nilai demokrasi pada diri siswa, hal ini dapat dilihat dari  perubahan sikap siswa yaitu menjadi lebih perhatian pada saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran, banyak yang bertanya ketika guru membuka kesempatan untuk bertanya keadaan kelas menjadi lebih hidup dengan berbagai pendapat dari siswa dan tidak membosankan,  berpikir kritis, lebih disiplin.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...