Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
Vol 8, No 2 (2021): Oktober

Teks Anekdot dalam Web Guru Pendidikan (Pola, Struktur, Pesan Moral, dan Relevansinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X)

Mutiara Indah Fitria (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Kuntoro Kuntoro (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola, struktur, pesan moral, dan relevansi penelitian dengan pembelajaran bahasa Indonesia SMA Kelas X. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Data pada penelitian ini adalah teks yang mengandung unsur Pola, Struktur, Pesan Moral di dalam teks anekdot Web Guru Pendidikan. Sumber data pada penelitian ini adalah teks anekdot Web Guru Pendidikan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis datanya meliputi reduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian ini yaitu (1) 31 data dari teks anekdot menggunakan pola narasi, (2) 37 data teks anekdot menggunakan pola dialog, (3) 1 data menggunakan pola anekdot dan pola narasi. Struktur teks anekdot (1) 1 data terdapat struktur abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda, (2) 55 data terdapat struktur abstrak, orientasi, krisis, dan reaksi, (3) 1 data terdapat struktur abstrak, orientasi, krisis, dan koda, (4) 4 data merupakan struktur yang terdiri dari abstrak, krisis, reaksi, dan (5) 8 data terdapat struktur abstrak, orientasi, dan krisis. Menemukan 9 pesan moral (1) menghargai orang lain, (2) disiplin, (3) jujur, (4) kerja keras, (5) adil, (6) bertanggung jawab, (7) religius, (8) demokratis, (9) toleransi. Berdasarkan relevansi penelitian terhadap pembelajaran, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan ajar siswa dan sebagai media pendidikan karakter.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

METAFORA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra menyediakan forum untuk menerbitkan artikel dan laporan penelitian yang berfokus pada bidang: 1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Kajian Linguistik Bahasa Indonesia 3. Kajian Sastra ...