Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
Vol 3, No 2 (2021)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PELATIHAN BERBASIS NILAI AGAMA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PEMUDA

Faatihah, Syifa Nuur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Kecenderungan krisis moral pada kelompok pemuda, menunjukkan perilaku menyimpang serta mengakibatkan terbentuknya karakter buruk.  Kondisi ini mendorong dilakukannya pengembangan model pelatihan berbasis nilai agama yang sesuai dengan potensi dalam membentuk karakter pemuda. Dalam pengembangan model ini, adanya faktor-faktor determinan pembentuk karakter yang dikaitkan dengan pengelolaan pelatihan. Wilayah Andir Kaler RW 03 Kelurahan Cigending Kecamatan Ujungberung terkenal dengan mayoritas pemudanya memiliki kebiasaan yang buruk seperti mabuk-mabukan. Melalui model pelatihan berbasis nilai agama diharapkan menjadi upaya dalam mewujudkan karakter pemuda yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Terkait dengan hal tersebut, peneliti melakukan studi untuk dapat mendeskripsikan mengenai kondisi sosial ekonomi orang tua pemuda, nilai karakter pemuda dan pemetaan tokoh masyarakat yang ada dilingkungan RW 03 serta menganalisis pelatihan apa yang dibutuhkan oleh pemuda. Teori dan konsep yang mendukung yaitu konsep pelatihan, konsep status sosial ekonomi, konsep nilai karakter dan konsep tokoh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang pemuda, empat orang tokoh masyarakat, dan tiga orang tua pemuda dilingkungan RW 03. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kondisi sosial ekonomi keluarga pemuda dilingkungan RW 03 tergolong dalam kelas bawah. (2) Kondisi karakter pemuda dilingkungan RW 03 yang belum tercerminkan yaitu karakter jujur dan karakter peduli. (3) Daya dukung  tokoh masyarakat yang ada dilingkungan RW 03 terdiri dari beberapa tokoh masyarakat  diantaranya bidang pendidikan, kegamaan dan kepemudaan yang memiliki peran aktif serta melakukan pembinaan terhadap pemuda dilingkungan RW 03. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJACE

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is ...