Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat
Vol 2, No 1 (2022): PADMA

Menumbuhkan Jiwa Kreatif Pada Anak Di Masa Pandemi Covid 19

Puji Harjianto (Universitas Pamulang)
Janudin Janudin (Universitas Pamulang)
Sudiarto Sudiarto (Universitas Pamulang)
Ratna Dumilah (Universitas Pamulang)
Yeti Kusmawati (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Bermain bagi tingkatan anak usia dini, merupakan dunianya. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari kegiatan bermain, salah satunya adalah pengembangan kreativitas anak usia dini. Bermain dalam bentuk apapun, baik aktif maupun pasif, baik dengan alat maupun tanpa alat dapat menunjang ktreativitas anak dalam menciptakan hal-hal yang baru. Misalnya,  Permainan ayunan, bermanfaat untuk imajinasi anak saat dia berayun-ayun di udara, juga akan membantu pertumbuhan dan perkembangan otot-otot anak usia dini, melatih motorik kasar saat mengayunkan kakinya. Perosotan baik untuk melatih emosi anak, juga melatih motorik kasar anak saat anak naik tangga. Disinilah peran orang tua dan pendidik untuk dapat menjadi fasilitator pengembangan kreativitas anak, dengan cara memfasilitasi anak agar dapat bermain dengan alat yang tepat sesuai dengan bakat, minat, perkembangan, dan kebutuhan anak. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia memang menjadi masalah utama dalam pembelajaran, dan dilakukan secara online dirumah. Dengan adanya kegiatan ini anak dapat menumbuhkan jiwa kreativitas seninya, emosional, bahasa, dan motorik pada anak.Kata Kunci: Jiwa Kreatif, Covid 19             Play for the level of early childhood, is the world. There are so many benefits that can be obtained from playing activities, one of which is the development of early childhood creativity. Playing in any form, whether active or passive, with or without tools, can support children's creativity in creating new things. For example, the swing game, is useful for a child's imagination when he swings in the air, will also help the growth and development of the muscles of early childhood, train gross motor skills when swinging his legs. Slides are good for training children's emotions, as well as training children's gross motor skills when children go up stairs. This is where the role of parents and educators is to be a facilitator for the development of children's creativity, by facilitating children to be able to play with the right tools according to their talents, interests, development, and needs. The Covid-19 pandemic that has hit the world, including Indonesia, has indeed become a major problem in learning, and it is done online at home. With this activity, children can grow their artistic, emotional, language, and motoric creativity in children.Keywords: Creative Spirit, Covid 19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPDM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang dan terbit setahun 4 kali yaitu Bulan Januari, April, Agustus, dan Desember. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat merupakan blind and peer-reviewed journal yang memuat ...