Indonesian Journal of Natural Science Education
Vol 4, No 2 (2021): November

EVALUASI HASIL EDUKASI MASYARAKAT TENTANG BAHAYA KANDUNGAN DALAM ROKOK

Viana Nur Zulaikhah (Universitas Tidar)
Kezia Milenia Zeflina Wijayadi (Universitas Tidar)
Eko Juliyanto (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil edukasi yang telah peneliti lakukan kepada masyarakat sekitar tentang bahaya kandungan dalam rokok. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari pendidikan, penggunaan rokok, dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan berupa 4 pertanyaan terbuka untuk kuesioner. Peneliti menggunakan Cluster Random Sampling dalam memberikan kuesioner dengan 30 sumber dimana peneliti mencari sampel di komplek perumahan yang banyak terdapat pengguna rokok aktif. Hasil angket pertama menunjukkan bahwa mayoritas setiap individu sudah mulai merokok sejak SD dan mampu menghabiskan lebih dari satu bungkus per hari karena ketergantungan. Setelah diberikan video edukasi tentang bahaya merokok dan diberikan kuesioner kedua, cara pandang narasumber berubah, terbukti dengan ditayangkannya video tentang bahaya rokok dan bahaya rokok bagi kesehatan, kini para informan sudah mengetahui tentang bahaya rokok. edukasi dan informasi, bahkan dari 30 orang 21 diantaranya akan berhenti merokok, peneliti melakukan observasi dan bertemu dengan 21 informan yang saat mengisi kuesioner kemarin menyatakan akan berhenti merokok, namun saat ditemui hanya 10 dari 21 orang yang mencoba untuk berhenti merokok. berhenti merokok. setelah diberikan video edukasi tentang bahaya rokok dan bahaya kandungan rokok bagi kesehatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijnse

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Indonesian Journal of Natural Science Education is a science and science education journal. The scope of articles published in the Indonesian Journal of Natural Science Education is a study in articles in the fields of Science Education, Biology Education, Physics Education, Chemistry Education, ...