Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Matriks Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Halmahera timur.Pengunaan model pembelajaran CTL merpakan alternative penelitian dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Sma Negeri 9 Halmahera Timur.Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi matriks matematika.Sedangkan tujuan dalam penelitian dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa padam aterimatriks matematika. Penelitian ini mengunakan penilitian (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat siklusyaitu: perencanaankegiatan, pelaksanaan kegiatan,pengamatan dan refleksi. Sasaran dalam penilitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Halmahera Timur. Data yang di peroleh berupa hasil tes,dan lembaran observasi dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis data di daptkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari data observasi awal ke siklus I sebesar 8,25%,dan dari siklus I ke siklus II 21,75%. Kesimpulan dari penilitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran contekstuan teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SmaNegeri 9 Halmahera Timur,semester genap pada materim,atriksmatematika,serta model pembelajaran ini dapat di gunakan sebagai salah satua lternatif pembelajaran matematika.
Copyrights © 2021