Infinity Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA)
Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA KELAS IX SMP

Nadia Sulfaidah (Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ma’rup Ma’rup (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Erni Ekafitria Bahar (Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Makassar yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) ditinjau dari kemampuan awal pada kelas IX SMP Negeri 5 Makassar yang difokuskan pada 3 kategori yaitu siswa dengan kategori tinggi, siswa dengan kategori sedang dan siswa dengan kategori rendah. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes dan teknik wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan awal yang berjumlah 10 soal, tes kemampuan berpikir kreatif yang berjumlah 3 soal dan pedoman wawancara. Wawancara dilakukan untuk lebih menggali kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yaitu 1 siswa dari kategori tinggi, 1 siswa dari kategori sedang dan 1 siswa dari kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kategori tinggi memenuhi 3 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan, berada pada tingkat 4 kemampuan berpikir kreatif atau sangat kreatif. (2) Siswa dengan kategori sedang memenuhi 2 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan dan fleksibilitas, berada pada tingkat 3 kemampuan berpikir kreatif atau kreatif. (3) Siswa dengan kategori rendah memenuhi 1 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, berada pada tingkat 1 kemampuan berpikir kreatif atau kurang kreatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Infinity Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Departemen Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) sejak Agustus 2020. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan teori-teori baru yang telah dicapai di ...