Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol. 5 No. 2 (2021)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT-INTROVERT

Zhalsadilah Yuniar Kristanti (Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya)
Pradnyo Wijayanti (Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dapat dilihat melalui proses pemecahan masalah. Dengan mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa, guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan sesuai dengan tipe kepribadian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua siswa SMP kelas VII semester genap. Data ini dikumpulkan menggunakan angket kepribadian, tes kemampuan matematika, tes kemampuan komunikasi matematis dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkepribadian ekstrovert memiliki kemampuan komunikasi matematis sebagai berikut: 1) Menuliskan informasi dari permasalahan ke dalam bentuk hal-hal apa yang diketahui dan ditanyakan dengan menggunakan gambar atau simbol matematika, 2) Tidak menuliskan strategi penyelesaian dengan menggunakan istilah atau notasi matematika untuk memperoleh solusi, 3) Menuliskan rumus, gambar, diagram, atau tabel untuk menyelesaikan suatu permasalahan sesuai dengan model matematika, 4) Menyelesaikan dan menuliskan penyelesaian dengan menggunakan keterampilan operasi hitung, dan 5) Menuliskan kesimpulan meskipun tidak sesuai dengan yang diminta dalam permasalahan. Siswa berkepribadian introvert memiliki kemampuan komunikasi matematis sebagai berikut: 1) Menuliskan informasi dari permasalahan ke dalam bentuk hal-hal apa yang diketahui dan ditanyakan dengan menggunakan gambar atau simbol matematika meskipun ada beberapa hal diketahui dan ditanyakan yang belum ditulis, 2) Menuliskan strategi penyelesaian dengan menggunakan istilah atau notasi matematika untuk memperoleh solusi, 3) Menuliskan rumus untuk menyelesaikan suatu permasalahan sesuai dengan model matematika, 4) Menyelesaikan dan menuliskan penyelesaian dengan menggunakan keterampilan operasi hitung, dan 5) Menuliskan kesimpulan meskipun tidak sesuai dengan yang diminta dalam permasalahan. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, pemecahan masalah, ekstrovert, introvert. Mathematical communication skills can be seen through the problem solving process. By knowing students' mathematical communication skills, the teacher can adjust the appropriate learning methods to be applied according to the student's personality type. The purpose of this research is to describe the mathematical communication skills of junior high school students in solving mathematical problems in terms of extrovert and introvert personality types. This research is a descriptive study with a qualitative approach. This data was collected using personality questionnaire, mathematics ability tests, mathematical communication skills tests and interview guidelines. The results of this study indicate that extrovertedstudents with moderate mathematical abilities have the following mathematical communication abilities: 1) Write down information from the problem in the form of things that are known and asked using mathematical images or symbols, 2) Do not write down solving strategies using mathematical terms or notations to obtain solutions, 3) Write formulas, pictures, diagrams, or tables to solve a problem in accordance with a mathematical model, 4) Complete and write down solutions using arithmetic operations skills, and 5) Write conclusions even though they are not in accordance with what is asked in the problem. Students with introverted personalities have the following mathematical communication skills: 1) write information from the problem into what is known and asked using mathematical images or symbols even though there are some things that are known and asked that have not been written, 2) Write a solution strategy with use mathematical terms or notations to obtain solutions, 3) Write a formula to solve a problem in accordance with a mathematical model, 4) Complete and write solutions using arithmetic operations skills, and 5) Write conclusions even though they are not in accordance with what is asked in the problem. Keywords: mathematical communication skills, problem solving, extrovert, introvert.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains (JPPMS) adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini memuat artikel penelitian yang berorientasi pada pokok-pokok kajian pendidikan matematika dan sains (fisika, kimia, ...