Dimensi Matematika : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol 4 No 02 (2021): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GUI MATLAB TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Mik Salmina (Universitas Bina Bangsa Getsempena)
fitriati (Universitas Bina Bangsa Getsempena)
wisnarti (Universitas Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh banyak faktor yang berkaitan dengan proses pembelajaran di Perguruan Tinggi, salah satunya metode pengajaran yang kurang menarik. Secara teori, sampai saat ini pendekatan atau metode pembelajaran matematika di Indonesia masih menggunakan pendekatan atau metode tradisional yang menekankan pada latihan mengerjakan soal. Berdasarkan situasi diatas, maka perlu dicari suatu alternatif pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil dan minat belajar mahasiswa pada pokok bahasan trigonometri. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan membangun minat belajar mahasiswa yaitu melalui media pembelajaran berbasis GUI MATLAB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar matematika mahasiswa program studi Pendidikan matematika pada pokok bahasan trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen yaitu one group pretest-postest dengan jumlah sampel terdiri dari 20 mahasiwa program studi Pendidikan Matematika. Instrumen pengumpulan data terdiri dari perangkat pembelajaran, tes tertulis dan angket minat belajar mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari pretest, angket dan postest. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis uji nomalitas dan analisis uji hipotesis t. Hasil uji hipotesis t diperoleh t hitung ≥ t tabel yaitu 8,16> 1,729 untuk angket minat dan 11,35> 1,729 untuk hasil belajar, sehingga diperoleh hasil penelitian ini bahwa media pembelajaran berbasis GUI MATLAB berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika pada pokok bahasan trigonometri. Rekomendasi hasi dari penelitian ini bahwa dosen disarankan agar menggunakan media pembelajaran berbasis Gui Matlab terhadap mata kuliah yang lain, sehingga dapat berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah yang lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JDM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Dimensi Matematika menerbitkan naskah-naskah ilmiah bidang pendidikan dan pembelajaran matematika. Tulisan dapat berupa diseminasi hasil penelitian, telaah pustaka ilmiah yang komprehensif atau resensi dari buku ilmiah. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan ...