Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Evaluasi Kurikulum Belajar Mandiri TK Menggunakan Model CIPP Stufflebeam

Syahrir Syahrir (Universitas Pendidikan Mandalika (ID Scopus : 57212168180))



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengevaluasi kurikulum Taman Kanak-Kanak dengan menerapkan model context, input, process dan product (CIPP). Untuk tujuan ini, penelitian ini menggunakan desain metode campuran, sampel dalam penelitian ini adalah guru TK (n = 395) dipilih secara acak, dan pengawas sekolah TK (n = 10), intrumen penelitian menggunakan angket dan wawancara. Selanjutnya dilakukan analisis isi untuk menganalisis isi kurikulum berdasarkan konstruksi model CIPP. Temuan mengungkapkan bahwa tujuan kurikulum cukup berkorelasi dengan konteks. input, proses, dan produk juga cukup berkontribusi pada kebutuhan pendidikan dan masyarakat. Namun, kurikulum tersebut gagal memenuhi kebutuhan siswa TK dan masyarakat dalam menyediakan berbagai sumber pengetahuan, kompetensi mengajar, dan kesempatan pelatihan. Studi ini merekomendasikan perlunya mengembangkan kurikulum taman kanak-kanak berdasarkan kebutuhan pendidikan anak dan kebutuhan perkembangan masyarakat. Ini menyarankan bahwa studi masa depan dilakukan dalam berbagai aspek pendidikan anak untuk prasekolah, evaluasi berkelanjutan dan komprehensif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...