Jurnal Visi Komunikasi
Vol 16, No 2 (2017): November 2017

ANALISIS RESEPSI GENERASI X DAN Y TERHADAP PERSONAL BRANDING PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM #JKWVLOG DI YOUTUBE

Zefanya Isabertha (universitas Mercu Buana)
Marwan Mahmudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

YouTube adalah salah satu media sosial dengan begitu banyak pengguna di seluruh dunia. Vlog adalah buku harian pribadi yang dibungkus dalam format audio visual, dan mungkin disebut sebagai versi terbaru dari blogging konvensional. Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, juga berpartisipasi dalam penggunaan vlog sebagai media untuk berbagi kegiatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk secara komprehensif menggambarkan penerimaan audien terhadap personal branding Joko Widodo melalui konten #JKWVLOG yang di-upload di akun resminya YouTube. Penonton dalam penelitian ini berasal dari 2 generasi yang berbeda, X dan Y. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi non partisipatif. Sebagian besar informan dalam penelitian ini menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo adalah pemimpin yang rendah hati dan teguh. Hasil penelitian menunjukkan konsistensi Presiden Joko Widodo dalam membangun personal branding-nya sejak awal menjadi salah satu faktor yang mendorong audien menanggapi #JKWVLOG-nya. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

viskom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN: 1412-3037 | e-ISSN: 2581-2335] has been published since 2007 byFakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta, Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi is a bi-annual journal issued on May and November. It consists of research-based articles and /or conceptual ...