JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 5, No 4 (2021): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

PENGEMBANGAN BUKU AJAR PROFESI KEGURUAN SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI MAHASISWA

Baiq Rina Amalia Safitri (Universitas Pendidikan Mandalika)
Pahriah Pahriah (Universitas Pendidikan Mandalika)
Hendrawani Hendrawani (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan buku ajar mata kuliah profesi keguruan sebagai sarana belajar mandiri mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen penilaian buku ajar terdiri dari: (1) instrumen  uji coba oleh ahli isi mata kuliah, (2) instrumen uji coba oleh ahli desain pembelajaran, (3) instrumen praktisi, dan (4) instrumen penilaian mahasiswa. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji coba penilaian ahli isi mata kuliah, diperoleh persentase skor 87%; hasil uji coba penilaian ahli desain pembelajaran diperoleh skor 69%; hasil uji coba penilaian mahasiswa diperoleh skor 87% dan hasil penilaian dosen pengampu diperoleh skor 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan buku ajar mata kuliah profesi keguruan dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah profesi keguruan di lingkungan Universitas Pendidikan Mandalika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...