JURNAL KARSA (Terakreditasi No. 80/DIKTI/Kep/2012)
Vol 9, No 1 (2006): Islam dan Wacana Radikalisme

KURIKULUM PENDIDIKAN TIMUR TENGAH DALAM BAYANG-BAYANG HEGEMONI DAN DOMINASI BARAT

Thabrani, Abdul Mukti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2012

Abstract

Abstrak : Pasca tragedi 11 September 2001 yang merupakan bencana terhebat dalam terorisme Amerika Serikat, genderang perang ditabuh secara bertalu-talu tidak saja oleh AS sendiri, tapi juga oleh negara sekutunya. Dengan dalih menumpas terorisme sampai ke akar-akarnya, upaya untuk mencari, mengidentifikasi, merumuskan dan memprogram segala sesuatu yang berhubungan dengan “terorisme” (baca: Dunia Islam) dari berbagai aspeknya, menjadi acuan resmi para pemegang kebijakan di sana. Pihak yang paling dikambinghitamkan dan paling bertanggung jawab dalam masalah ini, sebagaimana dituduhkan mereka adalah manâhij al-ta’lîm atau kurikulum pendidikan di negara-negara Islam, terutama timur tengah. Teropong dalam masalah ini diarahkan pada sejauh mana kurikulum itu diintervensi secara politis dan sistematis, serta seberapa besar daya tawar yang bisa diajukan para penguasa timur tengah terhadap kebijakan mereka, serta item-item apa saja dalam kurikulum tersebut yang mengandung unsur “terorisme” atau pemicu aksi teror. Kata kunci: terorisme, kurikulum, Timur Tengah.

Copyrights © 2012