Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi
Vol. 5 No. 2 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat

Nanda Ardhia Regita (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Euis Eka Pramiarsih (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Bella Annantha Sritumini (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw yang diterapkan di SMK dalam mengefektifkan dan juga meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimental dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Hasil menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan mengemukakan pendapat yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberi perlakuan dan terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan mengemukakan pendapat setelah diterapkan model pembelajaran jigsaw, peningkatan hal ini dilihat dari rata-rata perolehan siswa yang signifikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp2ea

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi (JP2EA) ditujukan untuk mempublikasikan dan mendesiminasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta kajian para pakar dan praktisi yang berkenaan dengan pendidikan dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi. JP2EA diterbitkan oleh ...