EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091

Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa

Viola Dwicha Asda (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Andromeda Andromeda (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2021

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di MAN 2 Pesisir Selatan didapatkan data bahwa 69% siswa sulit memahami konsep dari materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang memiliki sifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat efektivitas e-modul berbasis guided inquiry learning terintegrasi virlabs dan multirepresentasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan motode eksperimen semu  dalam bentuk nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari semua siswa kelas X MAN 2 Pesisir Selatan tahun ajaran 2020/2021 dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang memiliki validitas, daya pembeda, reliabilitas dan indeks kesukaran dengan kriteria soal baik. Tingkat efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing diketahui melalui uji n-gain. Hasil analisis nilai n-gain diperoleh dengan nilai g = 0,85 menyatakan bahwa e-modul berbasis guided inquiry learning terintegrasi virlabs dan multirepresentasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit efektif terhadap hasil belajar dengan kriteria tinggi sehingga e-modul ini efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...