EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Desain Pembelajaran Adaftif Berbasis Vicon melalui Model Radec bagi Peserta Didik yang Kesulitan Belajar Selama Pandemi Covid-19

Fachruddiansyah Muslim (Universitas Jambi, Indonesia)
Iwan Putra (Universitas Jambi, Indonesia)
Ahmad Nasori (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

Pengembangan riset penelitian ini didasari pada studi empirical awal peneliti selama masa Pandemi Covid 19 menemukan beragam masalah terkait dengan kurangnya kemauan mahasiswa dalam membaca buku apalagi pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, sehingga harus diperlukan alternatif lain dalam menumbuhkan keinginan mahasiswa salah satu diantaranya dengan mengakomodasi kebutuhan belajar mahasiswa menggunakan fasilitas Vicon yang terintegrasi melalui pembelajaran adaftif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai bentuk penguatan kemitraan antara dosen dengan mahasiswa, terutama pada aspek pengalaman belajar menggunakan basis teknologi melaui design Pembelajaran Adaftif Berbasis Vicon Melalui Model RADEC Bagi Peserta Didik yang Kesulitan Belajar. Didalam mendesign pembelajaran adaftif dalam penelitian ini jenis pengembangan model yang digunakan berasal dari Borg & Gall, melalui asimilasi model Dick & Carey dari bentuk desain model multimedia, serta model Alessi & Trollip melalui penggunaan sintaks model mengembangkan dan evaluasi terkait multimedia. Produk media pembelajaran interaktif berbasis vicon yang dihasilkan valid, praktis dan efektif berdasarkan validasi yang dilakukan oleh ahli media, peserta didik dan tenaga kependidikan. Ini ditunjukkan melalui kemudahan peserta didik dalam memperoleh kebutuhan materi pembelajaran melalui media pembelajaran yang dikembangkan. Pola Design yang dirancang dalam penelitian ini mampu memberi ruang berfikir kepada mahasiswa dalam memberikan pengalaman belajar mengajar untuk kepentingan peningkatan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...