EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Analisis Kelayakan Panduan Praktikum Perkembangan Hewan Berbasis Inkuiri pada Materi Siklus Estrus

Adinda Mutiara Ulfa (Universitas Jambi, Indonesia)
Jodion Siburian (Universitas Jambi, Indonesia)
Winda Dwi Kartika (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2022

Abstract

Panduan praktikum merupakan bahan ajar yang disajikan untuk membantu kegiatan praktikum mahasiswa. Panduan praktikum perkembangan hewan yang digunakan mahasiswa belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai, sehingga mahasiswa hanya mendapatkan informasi yang terbatas dan berorientasi kepada asisten dosen. Oleh karena itu, pengembangan panduan perkembangan hewan berbasis praktikum perlu dilakukan untuk membuat mahasiswa lebih aktif dalam memecahkan masalah dan menemukan informasi sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum perkembangan hewan berbasis inkuiri pada materi Siklus Estrus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Penelitian dilakukan hanya sebatas tahap Develop (pengembangan). Analisis kelayakan panduan praktikum diperoleh dari hasil validasi materi dan validasi media yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Validasi ahli materi dilakukan untuk mengetahui kelayakan isi, penyajian, dan kebahasaan panduan praktikum. Validasi ahli media dilakukan untuk mengetahui kelayakan kegrafikan panduan praktikum. Data hasil validasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator materi diperoleh skor sebesar 90,6% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi yang dilakukan oleh validator media diperoleh skor sebesar 96% dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum perkembangan hewan berbasis inkuiri pada materi siklus estrus dinyatakan layak untuk digunakan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...