EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Kemampuan Menentukan Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi Siswa SMA

Agustinus Kembardi Sumbi (Universitas Flores, Indonesia)
Josephina Nirma Rupa (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menentukan kalimat persuasif dalam teks negosiasi siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kependidikan. Subyek penelitian adalah siswa SMA berjumlah 31 orang.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif sebagai suatu pendekatan  dalam penelitian karena bergantung pada hasil pengamatan di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif  yaitu data dianalisis untuk menjawab persentase dari permasalahan. Teknik pengumpulan data kuantitatif penelitian ini adalah menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengikuti tes sebanyak 31 orang nilai yang dicapai terendah 60 dan nilai tertinggi 90. Nilai  kemampuan siswa dengan melihat persentase pada pengelompokkan siswa yang tuntas dan tidak tuntas menyatakan bahwa yang tuntas sebanyak 29 orang dengan nilai rata-rata 93,54% dengan jumlah 31 siswa sampel, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang dengan nilai rata-rata 6,45% dengan jumlah siswa sampel 31 orang. Menentukan kalimat persuasif dalam teks negosiasi siswa SMA dikategorikan baik. Dengan demikian, kemampuan menentukan kalimat persuasif dalam teks negosiasi siswa SMA tergolong baik karena mencapai nilai yang diperoleh dari 31 sampel dengan rata-rata 78,6%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...