EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Pengolahan Pangan Lokal untuk Pencegahan Stunting di Jawa Timur

Anita Anita (Universitas Islam Majapahit, Indonesia)
Eko Sutrisno (Universitas Islam Majapahit, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan tingkat stunting yang cukup tinggi. Pada tahun 2019 prevalensi stunting di Indonesia sebesar 27,7%, dan data World Bank di tahun 2020 Indonesia menempati urutan prevalensi stunting pada urutan ke 115 dari 151. Stunting meurupkan suatu keadaan dimana tinggi badan anak-anak lebih pendek dari anak anak seusianya. Stunting dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak terutama kecerdasan anak. penelitian yang bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat di Jawa Timur terhadap pengolahan pangan lokal untuk pencegahan stunting serta mengetahui faktor-faktor apa saja yang yang mempengaruhi konsumsi pangan lokal untuk pencegahan stunting. Penelitian menggunakan metode survey dengan  lokasi di Jawa timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jumlah responden dalam peneliitian ini ditentukan dengan rumus Slovin taraf 10% dan menggunakan teknik random. Hasil yang diperoleh adalah Persepsi masyarakat terhadap olahan pangan lokal untuk pencegahan stunting berada di kategori baik sedangkan hasil preferensi masyarakat berada di kategori biasa saja. Hasil regresi linier berganda menunjukan bahwa variabel pendidikan dan preferensi berpengaruh secara signifikan pada taraf 10% dan variable pengetahuan berpengaruh signifikan pada taraf 5% sedangkan variable pekerjaan, pendapatan dan persepsi tidak berpengaruh secara signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...