EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Sekolah Dasar

Niken Ayu Hapsari (Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Roeth Amerlin Ochrissiati Najoan (Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Juliana Margareta Sumilat (Universitas Negeri Manado, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas V. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa dan sampel 48 siswa di kelas V SD Negeri II Tomohon. Penelitian adalah penelitian korelasional, menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisa dengan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05, yang pada uji normalitas data X menunjukkan bahwa Lhitung = 0,093 < Ltabel = 0,128, sedangkan untuk data Y Lhitung = 0,109 < Ltabel = 0,128 sehingga kedua data dapat dikatakan normal. Selanjutnya pada uji regresi linear sederhana menunjukkan persamaan Y = 36,88063571 + 0,555591874X dimana bimbingan orang tua memberikan pengaruh yang positif. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 6,492 > ttabel = 2,013, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam bimbingan orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas V SD. Tanggung jawab belajar siswa dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur untuk menilai keberhasilan suatu pendidikan di sekolah, dimana tanggung jawab belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah bimbingan orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...