EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Blog Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar

Erna Nopitasari (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Fitri Puji Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Wahyu Ratnawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berdasarkan pada permasalahan yang ada di SDN Nglorog 1 Sragen yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas 3 pada pembelajaran matematika di masa Covid 19 sekarang ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran blended learning berbasis blog. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus 4 kali pertemuan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data informasi tentang keadaan peserta didik dilihat dari aspek kualitatif dan kuantitatif. Aspek kualitatif adalah hasil pengamatan, hasil wawancara, catatan lapangan yang disusun oleh peneliti selama di lokasi penelitian. Data yang didapatkan di lapangan kemudian diolah dan diuji keabsahan datanya. Kemudian, di susun menjadi hasil laporan penelitian. Aspek kuantitatif yang dimaksud adalah hasil penilaian hasil belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar diperoleh dari tes aspek pengetahuan berupa daftar nilai selama pembelajaran pada akhir siklus I dan siklus II. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, teknik dan waktu

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...