EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Evaluasi Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Bidang Studi Akuakultur

Mulyana Mulyana (Universitas Djuanda)
Yudi Wahyudin (Universitas Djuanda)
Dudi Lesmana (Universitas Djuanda)
Muarif Muarif (Universitas Djuanda)
Fia Sri Mumpuni (Universitas Djuanda)
Eko Rini farastuti (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada bidang studi Akuakultur di Universitas Djuanda.  Evaluasi dilakukan dengan bantuan kuesioner terhadap seluruh dosen dan representasi mahasiswa pada program studi Akuakultur Universitas Djuanda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa program MBKM menunjukkan tingkat manfaat yang cukup besar bagi dosen dan mahasiswa yang mengikuti program tersebut.  Program MBKM memberikan dampak positif pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahasisw serta memberikan dampak terhadap peningkatan kapasitas dosen.  Mitigasi terhadap hambatan yang dapat timbul dalam proses penyelenggaraan program MBKM sangat diperlukan agar tujuan dan manfaat program dapat dicapai dengan baik, optimal dan berkelanjutan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...