EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Mikrokontroler Arduino Pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMK

Galih Kresna Yoga Arlingga (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Arif Widodo (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Selama masa pandemi covid-19 kegiatan pembelajaran secara langsung menjadi semakin berkurang, yang akhirnya menyebabkan peserta didik kurang memahami materi yang diberikan. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah media belajar jarak jauh berupa video tutorial mikrokontroler arduino pada mata pelajaran teknik pemrograman, mikroprosesesor dan mikrokontroler dengan mengnalisis tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pengembangan media pada penelitian ini menggunakan tahapan ADDIE dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Postest. Hasil penelitian ini didapatkan nilai hasil rating validasi pada aspek media dan aspek materi secara berurutan diperoleh nilai persentase 85% dan 86% dengan kategori sangat valid. Untuk tingkat kepraktisan didapatkan dari angket respon siswa dengan rata-rata nilai persentase adalah 86% dengan kategori sangat praktis. Untuk tingkat efektifitas dengan analisa software SPSS didapatkan nilai asymp. sig lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka ada pengaruh yang signifikan penggunaan media video tutorial pembelajaran mikrokontroler arduino terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video tutorial pembelajaran mikrokontroler arduino layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...