EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Pemetaan Bibliometrik Terhadap Riset pada Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan VOSviewer

Hendra Sahputra Batubara (Sekolah Menengah Kejuruan Imelda, Medan, Indonesia)
Muhammad Giatman (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Wakhinuddin Simatupang (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Ronal Watrianthos (Universitas Al Washliyah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Revitalisasi SMK pada saat ini secara langsung memaksa seluruh sarana prasarana pendukung harus meningkatkan kompetensi sesuai standar industri. Misalnya pada peningkatan kompetensi guru yang menjadi kewajiban dan tidak bisa diselesaikan secara instan. Beberapa publikasi terkait peningkatan kompetensi guru ini sudah banyak dilakukan, namun publikasi mengenai revitalisasi SMK masih dirasa minim. Penelitian ini bertujuan memetakan dengan metode bibiliometrik riset-riset mengenai SMK. Pencarian artikel penelitian dilakukan dengan menggunakan aplikasi Harzing's Publish or Perish dengan menggunakan kata kunci “Sekolah Menengah Kejuruan” pada artikel berbahasa Indonesia. Hasil pemetaan menggunakan VOSviewer jumlah publikasi terbanyak pada tahun 2020 dengan 165 publikasi dengan Universitas Negeri Malang sebagai institusi terbanyak dalam menghasilkan publikasi. Sedangkan analisis terhadap topik penelitian terkait SMK berhubungan dengan topik seperti ‘Pengembangan’, ‘Analisis’, ‘Studi Kasus’, dan ‘Manajemen’ sehingga riset-riset terkait SMK lebih banyak berhubungan pada topik ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...