EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Agnia Rahmi (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Tin Rustini (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2021

Abstract

Arus globalisasi sudah mulai mengikis nilai karakter para generasi muda, khususnya pada siswa jenjang sekolah dasar. Perkembangan globalisasi berpengaruh dalam terkikisnya nilai karakter para peserta didik. Penelitian ini mengharapkan penanaman nilai-nilai karakter melalui pembelajaran IPS ini dapat menjadikan pribadi yang lebih mencerminkan anak bangsa, sehingga mampu meningkatkan nilai-nilai karakter pada diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, dimana dalam mengumpulkan datanya menggunakan bahan-bahan kepustakaan, teknik penelitian dilakukan dengan teknik dokumentasi, peneliti mengumpulkan data dari artikel-artikel ataupun ebook pada jurnal online. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter dapat dimasukkan melalui pembelajaran IPS, karena didalamnya terdapat unsur nilai karakter yang ditanamkan pada peserta didik, sehingga pendidik harus mampu menanamkan nilai karakter dalam pembelajaran IPS di jenjang sekolah dasar dengan baik. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...