EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Peran Permainan Tradisional guna Menguatkan Karakter Kebaikan Hati pada Anak

Dista Titania Sanggita (Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia)
Gregorius Ari Nugrahanta (Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengembangkan buku pedoman permainan tradisional guna meningkatkan karakter kebaikan hati pada anak usia 6-8 tahun. Pengembangan yang digunakan merupakan R & D dengan jenis ADDIE. Mengaitkan 7 guru yang telah bersertifikat dari bermacam wilayah untuk melaksanakan analisis kebutuhan, 7 validator untuk melaksanakan expert judgement, serta 6 anak selaku subjek uji coba buku pedoman secara terbatas. Hasil dari riset ini menguraikan 1) Buku pedoman permainan tradisional disusun sesuai tahapan dalam ADDIE ialah Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate; 2) Mutu buku pedoman terkategori dalam jenis “Sangat Baik” dengan skor 3,79 (pada skala 1-4) dengan saran “Tidak Perlu Revisi”; serta 3) Penerapan buku pedoman permainan tradisional mempunyai pengaruh guna meningkatkan karakter kebaikan hati anak usia 6-8 tahun. Hasil uji signifikansi menguraikan t(5) = 2,571, p = 0,000 (p < 0,05) dengan besar pengaruh r = 0,98 ataupun setara dengan 97,83% serta terletak dengan jenis “Dampak Besar” yang bermaksud bahwa buku pedoman permainan tradisional bisa menerangkan 97,83% kenaikan yang terjalin pada karakter kebaikan hati anak. Ada pula tingkatan daya guna memakai N-gain score ialah 75,52% yang terletak pada jenis daya guna “Tinggi”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...