Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis google classroom, aktivitas peserta didik dan pemenuhan hasil belajar Keterampilan Proses Sains peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Metode yang dipakai pada riset ini ialah one grup pretest-posttest design dengan sampel 34 peserta didik kelas XI MIPA 1 MA Negeri Pacitan. Hasil yang didapat dari riset ini adalah keterlaksanaan pendidikan inkuiri terbimbing mendapatkan kategori sangat layak dengan rata-rata keterlaksanaan 95% didukung pula dengan waktu efektivitas penggunaan google classroom dalam pembelajaran inkuiri terbimbing sebanyak 45 menit dalam pertemuan pertama serta 43 menit pada pertemuan kedua. Selain itu, terdapat ketuntasan hasil belajar keterampilan proses sains dengan model inkuiri terbimbing berbasis google classroom memperoleh nilai ≥70 dengan ketuntasan klasikal yang sudah melebihi 75% yaitu 82,35% dan angka N-gain untuk 26 peserta didik mencapai katergori tinggi dan 5 peserta didik mencapai kategori sedang.
Copyrights © 2022