EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Belajar Pendidikan Dasar pada Sekolah di Jepang

Hani Irawati (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Ayu Maulidiyah (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Jepang merupakan salah satu negara yang maju dalam dunia pendidikan. Pendidikan di Jepang menerapkan pendidikan yang modern, akan tetapi tidak meninggalkan nilai luhur dan kebudayaan-kebudayaan dari negara tersebut. Artikel ini ditulis untuk mengetahui seperti apa sistem pendidikan pada sekolah dasar di Jepang. Metode yang digunakan adalah literatur review dengan cara mengumpulkan teori-teori yang relevan, yang sama atau linear dengan topik yang dibahas dari berbagai artikel. Hasil review dari berbagai artikel menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan sekolah dasar di Jepang lebih mengedepankan aspek moral dan menerapkan kemandirian kepada siswa dalam belajar dan dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum pendidikan sekolah dasar di Jepang juga dirancang agar siswa memiliki pemahman mitigasi bencana yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...