EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Kemampuan Menulis Makalah Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme

Dominika Dhapa (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Menulis menuntut pengalaman, waktu, pelatiahan, keterampilan-keterampilan khusus, dan pengajaran langsung menjadi seorang penulis. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikanĀ  kemampuan siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri Maurole Kecamatan Maurole Kabupaten Ende dalam menulis makalah. Metode yanag digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes essay, yakni dengan menugaskan siswa untuk menulis makalah dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Teori yang digunakan adalah teori menulis, evaluasi pembelajaran, dan strategi belajar mengajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes esssay berupa pedoman tes. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri Maurole Kecamatan Maurole Kabupaten Ende tergolong mampu menulis makalah dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Hal ini terlihat dari data nilai rata-rata yang mencapai 81, 25% dari 16 siswa. Siswa yang tuntas sebanyak 12 orang dengan persentase 75% sedangkanĀ  siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang dengan persentase 25%. Demikian diketahui kemampuan menulis makalah dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri Maurole KecamatanĀ  Maurole Kabupaten Ende dapat dikategorikan baik dan berhasil

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...