EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pengembangan E-Ensiklopedia Keanekaragaman Talas di Kabupaten Bogor Berbasis ESD untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Keberlanjutan Siswa

Suci Siti Lathifah (Universitas Pakuan, Indonesia)
Nandang Hidayat (Universitas Pakuan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-ensiklopedia keanekaragaman talas di Kabupaten Bogor untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap keberlanjutan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juli 2021.  Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa SMAN 4 Bogor kelas X MIPA  3 tahun akademik 2020/2021 sebanyak 35 orang siswa. Pelaksanaa uji coba lapangan hanya dilakukan secara terbatas menggunakan one group  posttest only design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli, instrument angket pengetahuan dan sikap keberlanjtan siswa dan lembar angket respon guru dan siswa terhadap e-ensiklopedia. Teknik analisis data terdiri dari analisis kelayakan bahan ajar dan analisis penilaian terhadap literasi digital siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa e-ensiklopedia yang dikembangkan layak digunakan sebagai suplemen bahan ajar di kelas X MIPA 3 pada pembelajaran berdasarkan rata-rata nilai validasi ahli materi sebesar 85,41% dan rata-rata nilai validasi media sebesar 84,57% dengan kriteria sangat layak. Bahan ajar E-ensiklopedia memiliki keefektifan untuk meningkatkan literasi digital siswa kelas X MIPA 3. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest berupa angket yang diberikan siswa dengan persentase 81,05% untuk pengetahuan keberlanjutan siswa dengan kategori sangat tinggi dan 77,04% untuk sikap keberlanjutan siswa dengan kategori tinggi. Berdasarkan angket guru dan siswa, sebesar 92,30% dan mendapatkan penilaian dari hasil angket siswa sebesar 89,63%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...