EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Profil Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Belajar dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama

Andrianus Nggong (Universitas Flores, Indonesia)
Adrianus Nasar (Universitas Flores, Indonesia)
Hamsa Doa (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil minat belajar IPA dan hasil belajar IPA melalui belajar dari rumah pada siswa kelas VIII SMPN 1 Nangapanda pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatannya deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 55 siswa yang diperoleh melalui sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket untuk minat belajar dan teknik dokumentasi untuk hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Profil minat belajar IPA melalui belajar dari rumah pada masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2020/2021 adalah 69,1% pada kualifikasi cukup baik dan 30,1 % pada kualifikasi kurang baik; 2) Profil hasil belajar IPA melalui belajar dari rumah pada masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2020/2021 adalah siswa yang berpersentase 47,27 % dengan kualifikasi hasil belajar baik, siswa berpersentase 41,82% dengan kualifikasi hasil belajar cukup baik dan siswa berpersentase 10,91% dengan kualifikasi kurang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...