EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Urgensi Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Pengembangan dan Mutu Pendidikan

Rika Maria (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Hadiyanto Hadiyanto (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Penyusunan Rencana Strategis merupakan acuan dalam mengoperasionalkan rencana kegiatan  dengan tugas pokok dan fungsinya, rencana strategis tidak semata mata hanya disusun dan didiamkan,  akan tetapi rencana  strategis yang telah dibuat harus  dilaksanakan sebagai acuan dalam sebuah organisasi agar dapat  bekerja efektif dan mencapai hasil yang diinginkan/sesuai yang ditargetkan. Penelitian ini di lakukan di MTsN 10 Tanah Datar Sumatera Barat bertujuan untuk menggambarkan pentingnya perencanaan strategis dalam meningkatkan pengembangan dan mutu pendidikan. Metodologi dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan  Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat perencanaan strategis yang dilakukan oleh Madrasah, secara efektif sistematis dan terprogram, sehingga dapat meningkatkan pengembangan dan mutu pendidikan di MTsN 10 Tanah Datar, di antaranya meningkatnya berbagai prestasi yang diraih MTsN 10 Tanah Datar, seperti menjadi Peringkat terbaik 1 Penilaian kinerja Kepala Madrasah Tingkat Sumatera Barat, semakin meningkatnya jumlah Peserta didik yang mendaftar di MTsN 10 Tanah Datar dan juga prestasi lain seperti menjadi madrasah adiwiyata, madrasah riset dan madrasah ramah anak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...