Kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika memiliki kecenderungan yang berbeda antara siswa laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis untuk mendeskripsikan litera si matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun datar ditinjau dari segi gender.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneltian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu soal tes literasi matematis, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumberpinang 01. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa laki-laki dan perempuan kriteria tinggi memenuhi 3 komponen literasi matematis. Selanjutnya untuk siswa laki-laki dan perempuan kriteria sedang memenuhi 2 komponen literasi matematis. dan untuk siswa laki-laki dan perempuan kriteria rendah memenuhi 1 komponen literasi matematis. Kata Kunci: Literasi Matematis, Masalah Matematika, Gender
Copyrights © 2021