Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

ANALISIS LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DITINJAU DARI SEGI GENDER

Erlin Nugraini, Chusnul Khotimah Galatea, Hana Puspita Eka Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

Kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika memiliki kecenderungan yang berbeda antara siswa laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis untuk mendeskripsikan litera si matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun datar ditinjau dari segi gender.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneltian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu soal tes literasi matematis, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumberpinang 01. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa laki-laki dan perempuan kriteria tinggi memenuhi 3 komponen literasi matematis. Selanjutnya untuk siswa laki-laki dan perempuan kriteria sedang memenuhi 2 komponen literasi matematis. dan untuk siswa laki-laki dan perempuan kriteria rendah memenuhi 1 komponen literasi matematis. Kata Kunci: Literasi Matematis, Masalah Matematika, Gender

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...