Jurnal Seni Tari
Vol 10 No 2 (2021): Vol 10 No 2 (2021)

Pemikiran Inventif Siswa SMA Kelas XI Dalam Pembelajaran Seni Budaya Di Kabupaten Kuningan

Fitria, Fera (Unknown)
Triana, Dinny Devi (Unknown)
Haerudin, Deden (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan presentase kemampuan pemikiran inventif siswaSMA Negeri kelas XI di Kabupaten Kuningan dalam pembelajaran seni budaya. Pemikiran inventifterdiri dari aspek fleksibilitas, pengaturan diri, keingintahuan, kreativitas, kemauan mengambilresiko dan pemikiran tingkat tinggi. Pemikiran jenis ini harus ditekankan dalam semua matapelajaran di sekolah, tujuannya yaitu untuk menciptakan peserta didik yang mampu bertahan danberkembang di abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei.Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI dari SMAN 1 Ciawigebang, SMAN 1 Luragungdan SMAN 1 Cidahu dengan jumlah sebanyak 672 siswa. Hasil analisis data menunjukan dari setiapaspek pemikiran inventif masuk dalam kategori tinggi, yaitu pada aspek fleksibelitas sebanyak55,1%, aspek pengaturan diri sebanyak 50,6%, aspek keingintahuan sebanyak 48,4%, aspekkreativitas sebanyak 62,8%, aspek kemauan mengambil resiko sebanyak 48,2% dan aspek pemikirantingkat tinggi sebanyak 55,4%. Persentase tertinggi dari hasil analisis data penelitian tingkatpemikiran inventif terletak pada aspek kreativitas, yaitu sebanyak 422 siswa (62,8%). Denganadanya penelitian ini nantinya dapat membantu peningkatan komitmen dan keberanian bagipendidik untuk menjunjung dan menerapkan pelaksanaan pembelajaran yang mengarah padapemikiran inventif.

Copyrights © 2021