Jurnal Desain
Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain

Kajian Visual Karakter Nusantara bernama Barong dan Rangda dalam Penggalian Potensi Ideation Produk Kreatif

Nadya Nadya (Universitas Bunda Mulia)
Joan Milenia Chiktra (Universitas Bunda Mulia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Produk kreatif Indonesia mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Salah satu pengembangan tersebut adalah berfokus pada produk kekayaan intelektual. Luasnya subsektor industri kreatif di Indonesia, ditambah dengan berkembangnya teknologi informasi telah menciptakan sebuah trend baru berbasis kekayaan intelektual yaitu dengan menggunakan konsep Transmedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengali potensi karakter dari tokoh mitologi Barong dan Rangda sebagai referensi yang baik dalam pengembangan kekayaan intelektual bertema budaya nusantara dalam bentuk transmedia storytelling dan desain karakter secara visual. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme dengan landasan teori semiotik dari Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen, obeservasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis dilakukan dengan cara analisa visual bentuk Barong dan Rangda yang dihubungkan dengan pemaknaan denotasi dan konotasi. Hasil yang dicapai adalah terdapat beberapa pertentangan antara pemaknaan denotasi dan konotasi tersebut. Hal ini terjadi karena persepsi dari masyarakat Bali yang cukup kuat dengan kebudayaan dan religius setempat yang menghormati setiap ajaran dan tradisi yang telah dilakukan turun-temurun, hal ini berbeda dengan pandangan umum orang awam. Melalui perbedaan ini, maka terjadilah pergeseran makna denotasi dan konotasi yang cukup kuat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Desain

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, ...