Luxnos : Jurnal Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia
Vol. 7 No. 2 (2021): LUXNOS: JURNAL SEKOLAH TINGGI TEOLOGI PELITA DUNIA EDISI DESEMBER 2021

Pedagogi Pohon (Jarak): Metode Pedagogi dalam Peristiwa Pohon Jarak Yunus 4

Yane Octavia Rismawati Wainarisi (Institut Agama Kristen Negeri Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

Abstract There are some method of study. One of those method is Pedagogy. Pedagogy is used as a unique method in learning not only as a cognitive aspect but psychomotoric and affective especially in spiritual aspect. This approach is a very important method in Educational Proccess so do Indonesian Government insert it in the one kind of educational meaning. from the Theological insight, Pedagogical model being an important criteria for a Christian lecturer to transform student target characteristic. The Bible especially Old Testament give many model in Pedagogy which can observe from the first creaturing of human. Therefore, the author use the effort of God to transform Jonah Character from his experience with the castor oil plant which I call Castor-Oil Plant Pedagogy. This research made to observe God Pedagogical model to Jonah so do Jonah could have a better knowledge about God’s love for the world which unlimited for one nation only. Castor-oil Plant Pedagogy fill with God’s unique method to transform Jonah’s Character by his experience meeting with the plant. This research made by explorative cualitative method dan narrative critique to various library related to Pedagogy and the Book of Jonah. Abstrak: Ada berbagai macam metode dalam pembelajaran, salah satunya adalah pedagogi. Pedagogi digunakan sebagai metode khusus dalam pembelajaran bukan hanya dalam aspek kognitif dan pikomotorik namun juga afektif terutama dalam hal spiritual. Pentingnya pendekatan ini dilakukan dalam Pendidikan sehingga pemerintah Indonesia secara resmi memberikan pengertian khusus terhadap istilah pedagogi ini. Dari sisi Teologis, model pengajaran Pegagogis ini menjadi kriteria penting seorang pendidik Kristen dalam mentransformasi karakter siswa target. Alkitab terutama Perjanjian Lama memberi berbagai model Pedagogi dan bila diselidiki model ini sudah ada sejak manusia diciptakan. Dari sekian banyak model tersebut, penulis mengangkat upaya Allah dalam mentransformasi karakter Yunus melalui pengalamannya dengan Pohon Jarak yang penulis sebut dengan Pedagogi Pohon Jarak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji model pedagogi Allah terhadap Yunus agar Yunus mengenal tentang Allah dan tujuan kasih Allah bagi seluruh dunia yang tidak terbatas pada satu umat saja. Pedagogi Pohon Jarak berisi metode unik yang Allah gunakan untuk mentransformasi karakter Yunus melalui pengalaman pertemuannya dengan pohon jarak. Penelitian ini dibuat dengan metode kualitatif eksploratif dan kritis narasi melalui penelitian terhadap berbagai Pustaka yang berkaitan dengan pedagogi dan kitab Yunus.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

20_luxnos_20

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Luxnos adalah Jurnal Teologi yang mempublikasikan hasil penelitian dalam lingkup penelitian Teologi Biblika, Teologi Sistematika, Etika Kristen, Misiologi, Musik Gereja hingga Pendidikan ...