Scientific
Vol. 9 No. 1 (2022): Februari 2022

Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Banua Lima yang terletak di Anjir Pasar Km 26 Barito Kuala (Studi Kasus Saat Pandemi)

Muhammad Rizali (Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin)
Jamilah (Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Banua Lima yang terletak di Anjir Pasar Km 26 Barito Kuala Kalimantan Selatan bertepatan pandemi yang melanda sehingga berdampak pada kehidupan ekonomi masyarakat. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian dengan rata-rata 2.807 konsumen perbulan dan 94 konsumen perhari dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 76 konsumen. Analisis data yang digunakan yaitu regresi liniear berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Variabel promosi (X1) 5.184 > 1.993 (ttabel), hal ini berarti promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, 2) Variabel kualitas pelayanan (X2) 3.123 > 1.993 (ttabel) dengan demikian variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan pengaruh yang ditimbulkan oleh kedua variabel independent sebesar 62.5% sisanya 37.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, 3) Variabel promosi dan kualitas pelayanan secara simultan Nilai Fhitung adalah 63.535 lebih besar dari Ftabel yaitu sebesar 3.12. Dengan demikian berarti ada pengaruh yang signifikan antara promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Banua Lima di Anjir Pasar km 26 Barito Kuala.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

scientific

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Scientific : Jurnal Ilmu Bidang Ekonomi. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali setahun setiap bulan Maret-Juni, Juli-Oktober dan November-Desember oleh Fakultas Ekonomi (FEKON) Universitas Achmad Yani (UAY) ...