BELIA
Vol 1, No 1 (2013)

Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Dengan Media Kartu Angka Di TK Pertiwi Rejosari

Kustini, Kustini ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2014

Abstract

Latar Belakang : Sejak semula manusia di desain dan diciptakan sebagai mahluk yang dialogis disamping mahluk yang berakal. Adakalanya manusia berdialog dengan dirinya dengan sesama kaleganya terlebih dengan lingkungannya. Dalam dialog tersebut manusia memerlukan sebuah sarana atau komunikasi, karena dengan komunikasi itulah manusia dapat melangsungkan eksistensi dirinya. Manusia merupakan mahluk yang paradokal, kadangkala ia ingin berada bersama yang lain. Pentingnya ilmu hitung dalam kehidupan sosial telah menjadi perhatian yang menarik banyak cendekiawan dan pakar pendidikan. Sejak zaman Aristoteles, meskipun hanya berkisar retorika dalam lingkungan kecil, namun pada pertengahan abad ke 20, ketika dunia dirasakan semakin kecil akibat revolusi industri dan revolusi tehnologi elektronik, para cendekiawan merasakan pentingnya peningkatan materi berhitung. Karena didasari atau tidak manusia hidup selalu menggunakan ilmu hitung dalam kesehariannya. Rumusan Masalah : (1) Apakah melalaui penerapan kegiatan bermain di TK Pertiwi Rejosari 02 Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan?. (2) Apakah memanfaatkan penerapan Kegiatan bermain untuk meningkatkan kemampuan siswa 0 besar dalam memahami konsep bilangan di TK Pertiwi Rejosari 02 Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus?. (3) Bagaiamana upaya meningkatkan kemampuan anak di TK Pertiwi Rejosari 02 Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus untuk dapat memahami konsep bilangan?. Kesimpulan : (1) Peningkatan kemampuan konsep bilangan anak di TK Pertiwi Rejosari 02 Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dapat dilakukan dengan melalui kegiatan bermain kartu angka. (2) Kegiatan bermain kartu angka merupakan salah satu kegiatan yang dapat menstimulus kemampuan konsep bilangan anak anak. (3) Kegiatan bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak. Saran : (1) Seorang guru  sebaiknya menggunakan berbagai metode dan media dalam pembelajaran diantaranya adalah kegiatan bermain. (2) Seorang  guru   harus    selalu aktif    melibatkan siswa selama  kegiatan pembelajaran berlangsung. Kata Kunci : Meningkatkan, Pemahaman, Konsep, Bilangan, Bermain, Media,  Kartu, Angka

Copyrights © 2013