BELIA
Vol 1, No 2 (2013)

Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Gerak Tari Pada Kelompok B Di Satuan Pendidikan Sejenis Mahardika

Susilowati, Evi ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2014

Abstract

Latar  belakang  masalah  dalam  penelitian  ini  adalah  kegiatan  Gerak  Tari di  Satuan  Pendidikan  Sejenis  Mahardika  Desa  Tanjungharjo  Kecamatan  Ngaringan  Kabupaten  Grobogan.  Karena  masih  belum  tercapainya  target  kegiatan  gerak  tari  dengan  kriteria  ketuntasan  75 %  hal  ini  disebabkan  karena  sebelumnya  tidak  adanya  kegiatan  gerak  tari   pada  Satuan  Pendidikan  sejenis  Mahardika  desa  Tanjungharjo  kecamatan  Ngaringan  kabupaten  Grobogan  Tahun  ajaran  2013 / 2014. Metode  yang  peneliti  gunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  ( PTK )  melalui  2  siklus,  masing-masing  siklus  memiliki 4  tahapan  yang  dilaksanakan  3 kali  pertemuan  berturut-turut.  Empat  tahapan  atau  langkah  kegiatan yang  di  terapkan  yaitu : (1)  Perencanaan, (2)  Pelaksanaan, (3)  Observasi,  dan  (4)  Refleksi. Subjek  penelitian  dalam  hal  ini  adalah  anak  didik  kelompok  B  di  Satuan  Pendidikan  Sejenis ( SPS )  Mahardika  desa  Tanjungharjo  kecamatan  Ngaringan  kabupaten  Grobogan  dengan  jumlah  anak  didik  21  orang  anak  yang  terdiri  dari  10  orang  anak   laki-laki  dan  11  Orang  anak  perempuan. Kegiatan  gerak  tari  ini  difokuskan  pada  tema  AKU  dengan  sub tema  Diri  Sendiri  dan Anggota  Tubuh. Dalam pengumpulan  data  Penelitian  Tindakan  Kelas  ini melalui (1) Wawancara, (2)  Observasi  dan,  (3)  Dokumentasi.  Analisa  data  menggunakan  analisis  kualitatif  yaitu  dengan  cara  membandingkan  data  hasil   pengamatan  pada  kondisi  awal,  siklus  I  dan  siklus  II  yang  kemudian  diadakan  refleksi.  Penyajian  data  yaitu  sekumpulan  informasi  tersusun  yang  memberi kemungkinan  adanya  penarikan kesimpulan  dan  pengambilan  tindakan.  Penyajian data  yang  lebih  baik  merupakan  suatu  cara  yang  utama  bagi  analisis  kualitatif  yang benar-benar  valid.  Penarikan  kesimpulan  yaitu  data  yang  telah  didapat  dari  hasil penelitian  kemudian  diuji  kebenarannya.  Untuk  mengetahui  perubahan  tentang  kemampuan  dalam  proses  kegiatan  gerak  tari  adalah  diskripsi  prosentase.  Adapun perhitungan  diperoleh  melalui  perbandingan  kemampuan  kegiatan  gerak  tari.  Apabila  ada  peningkatan  kemampuan   80%  dari  kemampuan  sebelumnya,  yang  berarti  ketuntasan  dalam  memberikan  kegiatan  gerak  tari  dapat  tercapai. Hasil  dari  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  kegiatan  gerak  tari  dapat  memotivasi  dan  meningkatkan  motorik  kasar  anak  kelompok  B  di  Satuan  Pendidikan  Sejenis  ( SPS )  Mahardika  desa  Tanjungharjo  kecamatan  Ngaringan  kabupaten  Grobogan.  Hal  ini  dapat  dilihat  dalam  siklus  I  sarana  dan  prasarana  dalam  kegiatan  gerak  tari,  hasil  yang  dicapai  anak  dalam  kategori  mampu  meningkat  dari  kondisi  awal  0% menjadi  14%  pada  siklus I,  sedangkan  kategori  anak  cukup  mampu  dari  kondisi  awal  10%  menjadi  14%  pada  siklus  I,  Kategori  anak  belum  mampu  dari  kondisi  awal  90%  menjadi  72%.  Dalam  siklus  II  peneliti  menggunakan  lagu  jawa  yang  membuat  anak  senang  dan  meningkatkan  antusiasme  dalam  mengikuti  kegiatan  gerak tari.  Hal  ini  dapat  dilihat  dari  hasil  kegiatan  anak  pada  siklus  I  terhadap  siklus  II,  kategori  anak  mampu 14%  meningkat  menjadi  76%,  kategori  anak  cukup  mampu  tidak  ada  perubahan  dari  siklus  I  14%  tetap 14%  pada  siklus  II,  kategori  anak  belum  mampu  terjadi  penurunan    yang  sangat  signifikan  dari  siklus  I  72%  turun  menjadi  10%  pada  siklus  II.  Dilihat  dari  ketuntasan  kegiatan  gerak  tari  pada  kelompok  B  di  Satuan  Pendidikan  Sejenis  Mahardika,  anak  yang  tuntas  (  mampu + cukup  mampu )  dari  siklus  I  28%  meningkat  menjadi  90%,  sedangkan  anak  yang  tidak  tuntas  terjadi  penurunan  dari  siklus  I 90%  menjadi  10 %  pada  siklus  II. Saran  yang  disampaikan  adalah : (1) guru  diharapkan  dapat  memberikan  proses  pembelajaran  yang  kreatif  dan  inovatif  dalam  memberikan  materi  gerak  tari,  sehingga  dapat  memotivasi  serta  menstimulasi  terhadap  minat  belajar  anak, (2)  guru  harus  mampu  mengoptimalkan  dalam  kegiatan  gerak  tari  sehingga  proses  kegiatan  dapat  berlangsung  dengan baik, (3)  Guru  harus mampu  mengkondisikan  anak  agar   kegiatan  gerak  tari  tercapai  pada  tujuan  yang  diharapkan, (4)  Guru  harus  selalu  menggali  potensi  serta  ide-ide  baru  dalam  penerapan  proses  kegiatan  yang  sesuai  dengan  karakteristik  yang  dimiliki  anak, (5)  orang  tua / wali  murid  hendaknya  memperhatikan  hasil  kegiatan  anak  disekolah  dan  mendorong  anak  untuk  selalu  mengulang  gerakan  yang  sudah  diajarkan  oleh  guru  disekolah, (6)  orang  tua / wali diharapkan  ember  masukan  pada  guru  atau  pihak  sekolah  tentang  hambatan-hambatan  anak  dalam  kegiatan  gerak  tari  disekolah. Kata Kunci : kemampuan  motorik  kasar  dan  gerak  tari

Copyrights © 2013